Jalan-Jalan Yuk!

Wow! 100 Bus Wonderful Indonesia Promosikan Asian Games dan Pariwisata Indonesia

SATUMANDAU – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata menyiapkan sebanyak 100 bus khusus Asian Games, yakni bus Wonderful Indonesia-Asian Games 2018. Bus ini juga dipersiapkan untuk mendukung pariwisata Indonesia dalam gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Dalam penyediaan bus itu, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan sejumlah pihak, yakni Damri Airport Bus, Blue Bird Shuttle, PT TransJakarta dan Pemprov DKI Jakarta.

Acara simbolis peluncuran 100 bus dilakukan di silang Monumen Nasional (Monas), Jalan Medan Merdeka Barat Daya, Gambir, Jakarta Pusat. Acara tersebut berlangsung pada Kamis 26 Juli 2018 dan dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Andriyansah, Direktur Utama PT TransJakarta Budi Kaliwono dan perwakilan dari Damri serta BlueBird.

“Ini sebagai bentuk kerja nyata kita dalam mendukung penuh Asian Games 2018. Dengan adanya Wonderful Indonesia mampu memperkenalkan wisata Indonesia kepada para peserta Asian Games,” kata Arief.

 

Menurutnya, peluncuran bus Wonderful Indonesia sebagai salah satu upaya co-brandinguntuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia pada bus wrapping dengan mengambil momentum tepat saat Asian Games berlangsung. Sehingga membuat para tamu negara dan wisatawan dari berbagai negara dapat mengenal pariwisata di Indonesia.

Dengan begitu, secara tidak langsung, sektor pariwisata dapat memberikan nilai lebih dan kontribusi bagi negara karena adanya destinasi-destinasi yang dipromosikan melalui bus tersebut.

“Dalam hal ini Kemenpar mengajak brand di Indonesia untuk melakukan kolaborasi dengan spirit Wonderful Indonesia,” ujar Arief.

Sementara Sandiaga mengatakan, peluncuran bus ini dapat meningkatkan demam Asian Games 2018. Sebab dirinya mendapat pesan dari Presiden RI Joko Widodo untuk terus meningkatkan demam Asian Games. “Kita punya plan, demam Asian Games sekarang sudah ada di akar rumput 39-40 derajat, didorong lagi dengan Wonderful Indonesia,” ujarnya.

 

 

Selain itu, Sandiaga juga berpesan agar para pengemudi bus Wonderful Indonesia memberikan pelayanan terbaik. Dia menambahkan, kesan pertama bagi wisatawan ke Indonesia bisa ditentukan oleh para pengemudi bus yang sopan dan ramah terhadap wisawatan.

“Kalian (pengemudi) adalah wajah pertama dari wisatawan. Pastikan bangsa kita bangsa yang ramah. Saya rasa the first impression itu penting, layani mereka dengan baik. Sukses Asian Games juga sukses pariwisata kita,” ujarnya.

Dalam peluncuran ini, bus-bus yang ada ditempeli sticker bergambar pemandangan wisata Indonesia. Nantinya bus ini akan menjadi promosi keliling bagi destinasi wisata di Indonesia. Harapannya, wisata Indonesia semakin dikenal di kalangan internasional.

sumber berita