Politik

Walau Bekerja Tanpa Pamrih Dukung Jokowi, Golkar Tetap Harap Kursi Cawapres

SATUMANDAU Sekjen Partai Golkar Letjen TNI (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus menegaskan, meski sejak awal konsisten dukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) namun pada dasarnya, Golkar saat ini bekerja bukan dengan pamrih, artinya (Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto) harus menjadi wakil presiden.

“Tentunya Golkar sangat menghargai tentang adanya wacana untuk Bapak Airlangga menjadi Wakil Presiden, dan kita harapkan juga bagaimana beliau bisa memberikan kontribusi positif,” ujar Paulus usai menghadiri Rakerda DPD Golkar Kota Tangerang Selatan, di Intermark BSD, Serpong, Sabtu (21/4/2018). Memang, dukungan internal partai kepada Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk menjadi salah satu calon pendamping Presiden Jokowi dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, semakin menguat.

Masalahnya, konsistensi dukungan Golkar sejak awal terhadap pemerintah dianggap layak mendapat apresiasi politik. “Tetapi sekali lagi suatu kehormatan apabila Bapak Jokowi memilih beliau sebagai wakil presiden,” ucap Paulus pula. Meski demikian, Lodewijk sangat memahami bahwa kewenangan untuk menentukan cawapres adalah murni merupakan hak ‘prerogatif’ Jokowi.

Dengan demikian, siapa pun nanti yang akan dipilih untuk menduduki posisi cawapres pendamping Jokowi, tak akan mengubah peta dukungan politik Partai Golkar terhadap pemerintahan Jokowi selanjutnya. Golkar akan tetap dukung Jokowi. Yang jelas, para kader Golkar akan sangat bersyukur kalau Presiden Jokowi memilih Airlangga sebagai wakil presiden. Bagaimanapun hal itu akan membawa kebanggaan tersendiri karena ada kader Golkar yang dipercaya mendampingi Jokowi.

Apalagi, tercatat sudah 3 kali Partai Golkar mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi sebagai capres dalam menghadapi Pilpres 2019. Ketiga moment tersebut, selain di Munaslub Bali, Rapimnas di Jakarta, juga di Munaslub di Jakarta, beberapa waktu lalu. “Komitmen kita Jokowi untuk dua periode,” tutur Paulus seperti dikutip dari Sindonews.com.

Dalam Rakerda DPD Golkar Kota Tangerang Selatan, Sekjen Golkar berikut fungsionaris Golkar lainnya menyaksikan pelantikan oleh Ketua DPD Golkar yang juga menjabat sebagai Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, terhadap 1.524 pengurus dari sayap partai hingga pengurus tingkat kecamatan dan kelurahan.

Mereka yang dilantik berasal dari Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) sebanyak 82 kader, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) sebanyak 165 kader, pengurus di tingkat kecamatan sebanyak 432 kader, penasihat pengurus kecamatan 35 kader, dan pengurus kelurahan sebanyak 810 kader. [bambang]

 

sumber berita