Kabar Kalimantan

Wajib Tau Nih! Kiprah Empat Pasang Calon Gubernur Kalbar

SATUMANDAU Sebelum memilih, sekiranya para pemilih wajib untuk mengetahui kiprah para calon yang akan berlaga di Pilkada 2018. Sebagaimana diketahui, sudah ada empat pasangan calon yang akan berlaga pada Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat 2018. Pilgub Kalbar ini akan menjadi sangat menarik dengan hadirnya pasangan calon tersebut yang memiliki rekam jejak baik.

Berpengalaman di dunia perpolitikan dan juga dalam dunia pemerintahan di Provinsi Kalbar, keempat pasangan ditengarai akan bersaing ketat memperebutkan kursi kepemimpinan di Provinsi tersebut. Berikut empat pasangan bakal calon yang sudah pendaftarannya sudah diterima di KPU Kalbar.

 

1. Sutarmidji-Ria Norsan

Sutarmidji merupakan Walikota Pontianak dua periode, 2008 – 2013 dan 2013 – 2018. Pasangannya Ria Norsan juga tak kalah hebat dalam hal prestasi dan pengalaman. Ria Norsan merupakan Bupati Mempawah selama dua periode, yaitu periode 2009 – 2013 serta periode 2013 – 2018. Kiprah pasangan ini semakin kuat menjadi calon Gubernur Kalbar mendatang dengan dukungan sejumlah partai besar, seperti Partai Golkar, PPP, PKB, Nasdem, PKS dan Hanura. Partai-partai tersebut mengusung sekaligus mendukung Midji-Norsan.

 

2. Kartius-Pensong

Walaupun maju dari jalur independen karena tidak diusung oleh partai politik, pasangan bakal calon Kartius dan Pensong tetap diperhitungkan oleh pasangan lainnya. Maju melalui jalur independen, pasangan ini mendapat perhatian dengan rekam jejak yang cukup baik. Keduanya dapat dianggap sebagai tokoh di dunia pemerintahan Kalbar. Kartius yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwista Kalbar ini, pernah tercatat sebagai Pj Bupati Kepatang 30 Agustus 2015 hingga 17 Februari 2016. Sedangkan pasangannya Pensong, pernah maju menjadi Calon Bupati Sekadau pada 2010, Calon Bupati Sekadau jalur perseorangan 2015 dan pernah DPR RI 2009 dan 2014.

 

3. Milton Crosby-Boyman Harun

Pasangan Milton Crosby dan Boyman Harun, siap untuk maju di Pilgub Kalbar, bulan Juni 2018 mendatang. Milton Crosby merupakan tokoh Kalbar yang juga sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat khususnya di Kabupaten Sintang. Dirinya tercatat sebagai Bupati Sintang selama dua periode, yaitu periode 2005 – 2010 dan 2010 – 2015.

Disamping itu, Milton merupakan satu di antara tokoh yang getol memperjuangkan terbentuknya provinsi Kapuas Raya. Pasangannya, yaitu Boyman Harun juga memiliki pengalaman di dunia pemerintahan, khusunya di Kabupaten Ketapang. Dirinya tercatat sebagai Wakil Bupati Ketapang periode 2010-2015. Pasangan Milton-Boyman ini turut diperkuat dukungan Partai Gerindra dan PAN di Pilgub Kalbar 2018.

 

4. Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot

Karir politik kedua tokoh ini juga sudah banyak diketahui oleh kalangan masyarakat di Kalbar. Karolin Margret Natasa sebelum menjabat sebagai Bupati Landak periode 2017-2022, tercatat sebagai anggota Komisi IX DPR RI periode 2009-2014 dan 2014-2019. Pasangannya, Suryadman Gidot memiliki rekam jejak di bidang pemerintahan, khususnya di Bengkayang. Berdasarkan catatan, Suryatman Gidot pernah menjabat sebagai Bupati Bengkayang selama dua periode 2010-2015 dan 2016-2021. Pasangan Karolin-Gidot juga didukung partai-partai besar di Kalbar. PDI Perjuangan, PKPI dan Partai Demokrat menyatakan dukungannya untuk turut serta dalam memenangkan pasangan ini di Pilgub Kalbar 2018.

 

Tanggapan KPU Kalbar

Komisioner KPU Kalbar, Kasiono mengatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, segera melakukan verifikasi faktual terhadap kelengkapan berkas empat pasangan calon yang akan berlaga di Pilgub Kalbar tahun ini. “Kita akan segera melakukan pemeriksaan. Dikhawatirkan masih ada kekurangan,” demikian kata Kasiono pada Kamis (11/1/2018).

Menurut Kasiono, jika ada pasangan calon yang berkasnya masih kurang, maka akan dikembalikan dan diminta untuk dilengkapi. “Pokoknya sebelum tanggal 15 Februari harus sudah beres. Kan pengundian nomor pasangan calon pada 15 Februari,” jelas Kasiono. “Untuk tahap awal, empat paslon memenuhi,” demikian lanjutnya. Sampai dengan penutupan waktu pendaftaran, Kasiono mengatakan, ada empat pasang calon yang mendaftar untuk berlaga di Pilgub Kalbar. Keempat paslon tersebut yakni Sutarmidji-Ria Norsan, Kartius-Pensong, Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot, dan Milton Crosby-Boyman Harun.  [@]