Kabar Kalimantan

Usulan PAW Iwan Rusmali Diproses Golkar Kalsel

 

Satumandau – Tanpa perlu menunggu waktu lama, DPD Partai Golkar Kota Banjarmasin memproses secara langsung permohonan pemberhentian dan usulan pengganti antar waktu (PAW) Iwan Rusmali, setelah menerima surat pemecatannya sebagai anggota fraksi Partai Golkar DPRD Kota Banjarmasin. Pemecatan ini juga sekaligus dari keanggotaannya sebagai dewan kehormatan DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dengan berstempel Golkar, surat bernomor A-037/GOLKAR-KS/XI/2017 sudah lengkap dengan tandatangan dari Ketua DPD Partai Golkar Kalsel yaitu H Sahbirin Noor dan Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel Adi Kartika tertanggal 1 November 2017. Surat ini sifatnya hanya pemberhentian sebagai anggota fraksi dan dari kepengurusan partai, jadi H Iwan Rusmali bukan dipecat sebagai kader Partai Golkar.

Sekretaris DPD Partai Golkar Banjarmasin Matnor Ali mengatakan, pihaknya hanya tinggal memasukkan surat permohonan proses pemberhentian sebagai anggota dan Fraksi Partai Golkar DPRD Banjarmasin, dan usulan PAW yang bersangkutan ke sekretariat DPRD Banjarmasin. “Dalam waktu dekat permohonan pemberhentian dan usulan PAW dimasukan,” ujar Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Banjarmasin ini, kepada wartawan, di ruang fraksi Partai Golkar DPRD Banjarmasin, Senin (6/11/2017)

Menurut Matnor Ali, setelah surat diterima unsur pimpinan paling lambat 7 hari sudah disampaikan ke gubernur Kalsel melalui walikota Banjarmasin. Setelah itu, gubernur sebagai wakil pemerintah pusat tinggal meresmikan pemberhentian yang bersangkutan paling lama 14 hari sejak surat diterima dari unsur pimpinan dewan.

Mengenai siapa PAW H Iwan Rusmali sebagai anggota dewan, sudah diminta ke KPUD Kota Banjarmasin. Dari aturan, kata Matnor, pengisi PAW merupakan peraih suara terbanyak berikutnya dari daerah pemilihan (dapil) yang sama pada Pileg 2014 silam. Sesuai urutan perolehan suara terbanyak dari dapil Banjarmasin Utara yang mengganti H Iwan Rusmali adalah H Mualana. [ ]