Jalan-Jalan Yuk!

Tugu Khatulistiwa di Pontianak

SATUMANDAU Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Kota Pontianak. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak.

Monumen ini  merupakan salah satu ikon wisata Kota Pontianak yang cukup terkenal dan selalu dikunjungi masyarakat, terlebih saat terjadinya titik kulminasi matahari. Tugu Khatulistiwa awalnya terdiri dari empat buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter, dengan ketinggian tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter.

Diameter lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan EVENAAR (bahasa Belanda = Matahari) sepanjang 2,11 meter. Panjang penunjuk arah 2,15 meter. Tulisan plat di bawah anak panah tertera 109o 20′ OLvGr menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur.

Sejarah mengenai pembangunan monumen ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung. Perbedaan Tugu Khatulistiwa jaman dahulu pun tampak perbedaan dari segi struktur bangunan. Sampai dengan sekarang, satu diantara ikon Pontianak tersebut pun telah mempunyai taman tersendiri. Taman tersebut memiliki nama yang mirip, yaitu Khatulistiwa Park. Taman ini yang sedang dalam tahap pembangunan oleh pihak Pemkot Pontianak. <*>