Kabar Kalimantan

Terbukti Angkat Mempawah, Tokoh Tani Nilai Ria Norsan Mampu Tingkatkan Pertanian Kalbar

SATUMANDAU Dukungan untuk calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga, Ria Norsan kembali datang dari Tokoh Pertanian Mempawah yang mendoakan Pasangan Sutarmidji dan Ria Norsan menang pada Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat 2018.

Kali ini dukungan untuk Bupati Mempawah dua periode itu juga datang dari Tokoh Pemuda Pertanian di Kabupaten mempawah, Deki. Menurutnya, dirinya merasakan betul peningkatan pertanian di Kabupaten Mempawah saat dipimpin Ria Norsan

“Waktu Ria Norsan jadi Bupati Mempawah, Pertanian meningkat drastis. Banyak hasil tani di mempawah yang menjadi produk unggulan Kalbar. Saya merasakan sendiri manfaatnya,” kata Deki. Deki yang juga merupakan salah seorang aktivis Pemuda Pertanian mengatakan Produktivitas pertanian Kabupaten Mempawah urutan teratas.

Bahkan, saat Kalbar kekurangan pangan hanya Kabupaten Mempawah yang stabil bahkan meningkat. “Untuk urusan produktivitas, Kabupaten Mempawah menempati urutan teratas se-Kalimantan Barat. Di saat sebagian daerah lain masih menderita kekurangan pangan, produksi padi tahun 2015 di Kabupaten Mempawah justru meningkat 3,43 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Deki.

Menurut Deki, Ria Norsan sendiri pernah menegaskan akan memajukan sektor pertanian Kalbar. Maka dari itu, harapan petani untuk bisa hidup sejahtera ada pada sosok Ria Norsan. “Ke depannya tentu kita (masyarakat Kalbar) tidak tergantung dengan impor komoditas pertanian. Hal itu pada akhirnya akan mengurangi kemiskinan di desa-desa,” ujarnya.

Ria Norsan juga dinilai merupakan toloh pembangunan identitas pertanian khususnya bagi para pemuda. Menurutnya, pemuda yang masih tidak ingin jadi petani dapat didorong semangatnya oleh Ria Norsan melalui peluang tani yang menjanjikan. “Kami mendukung Ria Norsan untuk pembangunan identitas pertanian khususnya para pemuda yang masih enggan bergelut di usaha tani. Saya yakin Ria Norsan dapat memberikan peluan bagi Pemuda untuk bertani,” tegas Deki.

Deki berharap Ria Norsan dan Sutarmidji terpilih untul menentukan nasib Kalimantan Barat lima tahun kedepan. Menurutnya, duet Midji-Norsan merupakab duet terbaik dan paling layak pimpin Kalimantan Barat. “Midji-Norsan duet maut di Kalbar. Saya rasa juga ini merupakan duet terbaik yang pernah ada. Dan apalagi midji-norsan saya rasa mampu memimpin Kalbar kearah yang lebih maju,” jelas Deki.

 

sumber berita