Kilas Global

Tentara Prancis Bantu Swedia Padamkan Karhutla Terparah Dalam 100 Tahun Terakhir

SATUMANDAU – Puluhan tentara Prancis yang terlatih di bidang pemadaman kebakaran tiba di Swedia, Senin (23/7/2018). Mereka akan membantu mengatasi kebakaran akibat gelombang panas ekstrem yang melanda Swedia.

Petugas berupaya memadamkan sekitar 50 titik kebakaran hutan. Fenomena langka ini terjadi akibat kekeringan dan suhu yang meningkat mencapai angka tertinggi dalam 100 tahun terakhir.

Sebanyak 30 tentara Prancis dari unit Pertahanan Sipil mendarat pada Senin dini hari (23/7/2018) di Stockholm. Mereka akan bergabung dengan 30 petugas pemadam kebakaran lain dari Prancis selatan.

Prancis mengirim dua pesawat Canadair ke Swedia setelah pihak berwenang meminta bantuan darurat Uni Eropa untuk memadamkan api.

Tak hanya Prancis, Italia juga mengirim dua pesawat pemadam dan Norwegia mengirim delapan helikopter. Jerman dan Polandia juga menanggapi permintaan bantuan Swedia.

Saat ini, suhu tertinggi di atas 33 derajat Celcius terjadi di Uppsala, kota di sebelah utara Stockholm.

Denmark, Norwegia, dan Finlandia juga mengalami cuaca panas ekstrem. Menurut ramalan cuaca, gelombang panas akan terjadi hingga beberapa waktu mendatang.

Sejauh ini bencana tersebut belum menyebabkan korban jiwa.

sumber berita