Politik

Tekad Rizal Effendi Lanjutkan Semangat Nusyirwan Ismail Menangkan Pilgub Kaltim

SATUMANDAU Rizal Effendi pada (3/3/2018) bersama pasangan calon nomor urut satu, Andi Sofyan Hasdam mendaftar ke KPU Kaltim di Samarinda, dan bertekad melanjutkan semangat Nusyirwan Ismail untuk menangkan Pilgub Kaltim. Sebelum menuju ke kantor KPU Kaltim, rombongan berziarah terlebih dahulu ke makam Nusyirwan Ismail di TPU Muslimin, Jalan Abul Hasan, Samarinda.

Pasangan nomor urut satu, Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendi resmi mendaftar ke KPU Kaltim sebagai pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018. Rizal Effendi yang menjabat sebagai Wali Kota Balikpapan maju sebagai calon wakil gubernur menggantikan Nusyirwan Ismail yang wafat karena sakit pada 23 Februari 2018 lalu.

Rizal Effendi mengatakan bahwa dirinya membawa misi khusus dari warga Kota Balikpapan. Sebelumnya, Rizal Effendi hampir maju dalam ajang Pilgub Kaltim, namun akhirnya batal karena masalah tertentu. Hal tersebut berujung pada kekecewaan warga Balikpapan. “Saya hadir di sini turut membawa aspirasi dan semangat 760 ribu warga Balikpapan yang mungkin kemarin kecewa, karena tidak ada wakil dari orang Balikpapan. Namun, sekarang saya sudah maju dan akan mengikuti tahapan pendaftaran KPU. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar,” kata Rizal.

Menurut Rizal Effendi, dirinya maju sebagai pendamping Andi Sofyan Hasdam bukan sekedar maju, namun juga untuk memenangkan pasangan nomor urut satu. Terlebih, dirinya ingin melanjutkan semangat mendiang Nusyirwan Ismail yang memiliki cita- cita besar memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Rizal Effendi mengatakan bahwa sosok Nusyirwan Ismail adalah pahlawan demokrasi di provinsi tersebut. “Pak Nusyirwan adalah pahlawan demokrasi di Kaltim. Saya sebagai penerus harus melanjutkan perjuangan beliau. Kemenangan kami di pilgub adalah kemenangan kita semua, masyarakat Kaltim,” demikian penjelasannya.

Terkait strategi kampanye, Rizal Effendi mengatakan bahwa keduanya akan lebih fokus ke wilayah masing-masing. “Mungkin saya akan lebih fokus di wilayah selatan seperti Balikpapan, Panajam Paser Utara, Paser, dan Kutai Pantai. Sedangkan Pak Sofyan bisa lebih fokus di Bontang, Kutai Timur, dan juga sebagian Kukar,” jelasnya.

Pada saat acara pendaftaran di kantor KPU provinsi, Wakil Wali Kota Balikpapan yang juga ketua DPD Partai Golkar Balikpapan Rahmad Mas’ud turut mendampingi Rizal effendi. turut hadir juga Wali Kota Bontang yang juga istri dari cagub Sofyan Hasdam, Neni Moernaeni. Prosesi pendaftaran Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendi diiringi oleh ratusan pengikutnya long march ke Kantor KPU Kalimantan Timur.  [ TL**** ]