Kabar Kalimantan

Tanpa Pro Kontra Golkar Sekadau Kompak Dukung Munaslub

SATUMANDAU Wacana Munaslub semakin memuncak momentumnya. Namun, tanpa pro kontra Golkar Sekadau kompak dukung Munaslub Partai Golkar untuk memuluskan penggantian Settya Novanto dari posisinya saat ini sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Pengurus DPD II Partai Golkar Sekadau menyatakan selalu kompak dan tidak ada yang menolak munaslub di Golkar Sekadau. Namun demikian, jajaran pengurus Partai Golkar Sekadau masih tetap berpatokan pada keputusan partai dan menunggu proses di tingkat DPP. Drs Rusmin Nuryadin selaku Ketua DPD Partai Golkar Sekadau menyatakan, bahwa sampai dengan saat ini tidak menimbulkan pro kontra di kepengurusan Partai Golkar Kabupaten Sekadau.

Sebagaimana ramai diberitakan selama beberapa minggu terakhir, menggelindingnya wacana untuk menggelar Musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) Partai Golkar tidak datang begitu saja. Hal ini membesar seiring penetapan status tersangka Ketua DPP Partai Golkar Setya Novanto. Setelah mendapatkan dukungan dari banyak pengurus Partai Golkar di daerah, hal tersebut pun mendapatkan dukungan dari pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Sekadau.

Bila berpatokan pada semakin menggeliatnya dukungan dari pengurus di daerah untuk menggelar pelaksanaan munaslub, maka kemungkinan besar munaslub akan digelar. Hanya saja, masalah penentuan waktu pelaksanaan yang belum dapat dipastikan kejelasannya. Pengurus pusat masih menantikan keputusan PN Jakarta Selatan pada Rabu (13/12/2017). Jika praperadilan Setnov ditolak, berarti munaslub dipastikan akan dijalankan.

Sebagai informasi, munaslub merupakan permintaan dari pengurus Partai Golkar di tingkat provinsi. Terkait hal ini, Golkar Kalimantan Barat juga merupakan salah satu DPD yang mendukung pelaksanaan munaslub secepat mungkin. Hal ini cukup wajar, karena dengan demikian tidak akan mengganggu konsentrasi Partai Golkar di daerah yang bersiap menghadapi Pilkada 2018. Berdasarkan catatan, Provinsi Kalbar akan menjalani proses pilkada di beberapa kabupaten/kota pada 2018 nanti.

 

Berita terkait: 

 

Dukungan pelaksanaan munaslub juga diungkapkan oleh Muslimin, anggota DPRD Sekadau dari Fraksi Golkar. Namun, jika digelar, mungkin tidak dalam waktu dekat, tapi dalam jangka beberapa waktu kemudian, karena ada mekanisme internal partai yang harus ditaati tahapannya sebelum dapat menggelar munaslub.

Harapan terhadap calon ketua umum yang nantinya terpilih adalah merupakan sosok yang transparan, bebas korupsi, serta pro rakyat. Sosok Ketua Umum Partai Golkar harus dapat menjiwai hal-hal tersebut.

Saat ini seluruh kader dan jajaran pengurus Partai Golkar akan senantiasa mengikuti setiap perkembangan dan keputusan partai.  Tujuannya adalah untuk menjaga soliditas partai. Harapannya, setelah gonjang-ganjing ini selesai, Partai Golkar akan tetap eksis dalam politik di Indonesia dan mampu tampil sebagai pemenang dalam pemilu 2019 nanti.  [ ### ]