Kabar Kalimantan

Srikandi Golkar Batola Dorong Antara Jadi Penjaga Citra Indonesia

SATUMANDAU  Sejak berdiri hingga usinya ke 80 tahun, kantor berita Antara selalu menjadi corong pemerintah. Golkar Batola (Barito Kuala) terus dorong dan menjaga Antara sebagai penjaga citra Indonesia di mata dunia internasional.

Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman mengharapkan, Kantor Berita Indonesia (KBI) Antara yang dulu bernama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) kembali ke khitahnya. Dalam paparannya, Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan mengatakan bahwa Kantor Berita Indonesia ini pada awalnya merupakan kantor berita perjuangan. KBI Antara menjadi yang pertama memperkenalkan Indonesia kepada dunia internasional.

Upaya-upaya memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional tersebut bukan saja berupa promosi keberhasilan dan sumber daya, tetapi juga dalam memberikan klarifikasi pandangan negatif terhadap Indonesia. Hal lain yang tidak boleh diabaikan, lanjut politisi Golkar ini, adalah tetap mempertahankan sosial kontrol, kendati kemungkinan ada anggapan bahwa Antara sebagai kantor berita pemerintah.

Perempuan pertama di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menjadi bupati/kepala daerah itu mengatakan bahwa, Kantor Berita Indonesia ini memiliki usia yang lebih tua dari kemerdekaan Indonesia. Dengan usianya yang cukup panjang ini diharapkan agar menampakan kemajuan cukup pesat. Disamping itu tetap menjaga netralitas atau jangan kehilangan jati diri, karena menjadi alat kepentingan kelompok tertentu.

Mantan Ketua DPRD Kalsel ini mengingatkan agar LKBN Antara tidak seperti masa pemerintahan Orde Lama. Pada masa itu, Antara hampir di bawah kendali Partai Komunis Indonesia (PKI). Ketika rezim Orde Lama tumbang, Antara kemudian terselamatkan pada masa Orde Baru dengan menempatkan perwira tinggi TNI sebagai pemimpin umum kantor berita tersebut.

Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang menggantikan suaminya H Hasanuddin Murad SH yang mengakhiri periode kedua Bupati Batola. Beliau mengatakan agar kantor berita tersebut tetap sebagai contoh yang baik, menjadi pegangan/rujukan media massa lain,

Sosok srikandi Partai Golkar yang menjadi Bupati Batola 2017 – 2022 ini memberikan apresiasi atas kinerja kantor berita tersebut selama ini, terutama dalam menyebarluaskan informasi atau berita-berita dari Batola khususnya dan Kalsel pada umumnya. Dengan demikian, keberadaan Kabupaten Barito Kuala dan Provinsi Kalimantan Selatan semakin terkenal di peta nasional maupun internasional.   [ ### ]