Kabar Kalimantan

Soroti Perangkat Daerah, Legislator Golkar Barito Selatan Dorong Pembenahan

SATUMANDAU – Pengelolaan keuangan daerah dinilai belum optimal. Untuk itu, pengelolaan keuangan di Perangkat Daerah (PD) Barsel harus diperbaiki, sehingga pada 2018, Pemerintah Barsel perlu menguatkan komitmen bersama, untuk membenahi pengelolaan keuangan.

“Pengelolaan keuangan daerah perlu dibenahi. Dalam pengelola keuangan, daerah harus kreatif, termasuk membuat terobosan berupa sistem pengelolaan yang efektif dan efisien, namun tetap mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku,” ujar Ketua Komisi I DPRD Barsel Waldi, baru-baru ini.

Selain itu dia juga mengatakan, PD harus menjalankan program yang disusun dengan fokus. Utamakan anggaran berbasis kinerja, dan mengedepankan prinsip tepat sasaran serta tertib administrasi.

“PD harus menjalankan program yang melekat pada bidang masing-masing. Anggaran yang teralokasi di tahun 2018, harus diserap secara optimal, didukung pelaporan keuangan yang tertib administrasi. Jangan sampai, permasalahan klasik kembali terjadi, yaitu penumpukan anggaran di akhir tahun,” tegasnya.

Politisi Golkar Barsel itu berharap, PD meningkatkan koordinasi, monitor dan evaluasi dalam mengawal program. Upaya itu, supaya setiap kendala mampu mampu diatasi. Menurut dia, mengoptimalkan penyerapan anggaran dan percepatan pelaporan keuangan setiap tahun,  dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang semakin baik.

“Karena  program yang dijalankan sesuai harapan bersama dan menyentuh keinginan masyarakat,”ujarnya.

sumber berita