Opini

Sofyan Hasdam-Rizal Effendi Jadi Kuda Hitam di Pilgub Kaltim

Piatur Pangaribuan (FOTO:TRIBUN KALTIM/JANUAR ALAMIJAYA)

Piatur Pangaribuan (FOTO:TRIBUN KALTIM/JANUAR ALAMIJAYA)

SATUMANDAU – Hingar bingar kabar Cagub Sofyan Hasdam akan disandingkan dengan Rizal Effendi pasca Nusyirwan meninggal dunia jadi perbincangan politik. Memilih Rizal Effendi yang kini menjabat Walikota Balikpapan merupakan langkah politik yang tepat, dianggap jitu dalam gelanggang Pilgub Kaltim.

Mereka kalau benar-benar dipasangkan bisa jadi kuda hitam. Pasangan yang akan bisa jadi tantangan terberat bagi pasangan yang lainnya. Sosok Rizal dengan almarhum Nusyirwan hampir sama, pernah memegang jabatan publik di kota besar di Kaltim.

Persoalan hukum yang waktu itu pernah menyerempet nama Rizal dalam kasus penanganan dugaan korupsi Rumah Potong Hewan (RPH) tidak akan mempengaruhi elektabilitas politik Rizal. Kancah langkah politik Rizal masih bersinar.

Persoalan hukum yang lalu itu, yang sempat dipanggil dan dijadikan sebagai saksi, sifatnya bukan murni penegakkan hukum. Masyarakat bisa menilai, penanganan hukum waktu itu hanya berbau politis.

Masyarakat tidak akan berpengaruh pada penilaian tokoh Rizal yang didorong maju dalam Pilgub Kaltim. “Dipasangkan dengan Sofyan tidak akan menurun. Warga Balikpapan mendukung. Pernah dipanggil dalam saksi kasus hukum nama Rizal tidak akan turun, elektabilitasnya akan terus tinggi.

Saya yakin warga Balikpapan suaranya akan mengarah ke pasangan Sofyan-Rizal. Naiknya Rizal ke provinsi pastinya akan membawa kepentingan bagi kemajuan daerah Balikpapan. Warga Balikpapan yang mendukung berharap banyak pada Rizal untuk bisa melakukan lebih banyak membangun Balikpapan lebih baik.

Sedangkan kondisi di Kota Samarinda suaranya sudah terpecah. Dua tokoh Samarinda maju di Pilkada Kaltim, jelas suaranya terpecah dua kubu.

Selain itu di Penajam Paser Utara, Rizal juga sangat dikenal dan dekat dengan Yusran, Bupati PPU yang sempat dikecewakan oleh Gerindra. Pak Rizal bisa mengambil hati Pak Yusran yang kecewa tidak bisa maju dari Gerindra. Ini keuntungan bila Sofyan memilih Rizal.

Dari sisi peta politik Golkar Balikpapan jelas sangat diuntungkan jika Rizal maju bertarung merebut kursi gubernur. Saat Rizal positif maju tentu saja Wakil Walikota Rahmad Masud akan naik menjadi Walikota. [ ### ]

Analisis: DR Piatur Pangaribuan, Rektor Uniba

 

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul: Kabar Rizal Bakal Gantikan Nusyirwan Dampingi Sofyan Hasdam, Ini Analisis Pengamat
Penulis: Budi Susilo
Editor: Sumarsono