Nusantara

Simak Yuk! 4 Hal Penting dari Greek Yogurt

 

SATUMANDAU – ​Bagi pelaku hidup sehat, Greek yogurt menjadi pilihan terbaik. Hasil fermentasi susu ini dikenal lebih kaya protein tetapi lebih sedikit karbohidrat. ​

​Penampilan Greek yogurt selintas sama dengan yogurt biasa, demikian juga dengan rasanya. Bisa diolah menjadi smootihes, campuran saus salad atau dimakan begitu saja sebagai menu sarapan, dengan paduan buah atau kacang-kacangan. Saat membeli Greek yogurt ada baiknya perhatikan hal-hal ini.​

Tanpa rasa

Sebisa mungkin, pilihlah ​Greek ​yogurt tanpa rasa atau yogurt plain. Hindari ​membeli​ ​Greek ​yogurt dengan rasa apapun, seperti rasa buah dan cokelat atau vanilla. Biasanya, yogurt yang memiliki rasa mengandung banyak gula. Apalagi, yogurt ​dengan aneka ​rasa biasanya diberi pewarna kimia dan perasa buatan.

Akan jauh lebih baik jika Anda memilih ​Greek ​yogurt tanpa rasa, lalu ditaburi potongan buah​ segar.​ Jika dirasa kurang manis, berilah ​sedikit ​madu.

Lemak

Jangan tergiur dulu dengan label ‘bebas lemak’ atau ‘fat-free’ di kemasan ​Greek ​yogurt. Lemak sebenarnya juga ​di​perlukan ​tubuh​untuk menyerap nutrisi yang ada pada yogurt. Lemak berguna untuk menyerap vitamin A dan D, juga berguna untuk membuat tubuh kenyang lebih lama. ​L​emak juga baik buat menyeimbangkan laktosa karbohidrat dalam susu, sehingga keadaan gula dan energi tubuh pun terjaga.

Organik

​Greek ​Yogurt organik memang tidak murah. Namun, yogurt ini jauh lebih bermanfaat dibanding yogurt biasa. Yogurt organik adalah yogurt yang terbuat dari ​susu ​sapi pemakan rumput. Selain itu, yogurt biasa ​umumnya ​diberi pertumbuhan hormon buatan seperti rBGH, dan ​bisa memicu​ penyakit pada prostat, payudara, dan kanker kolon.

Sedangkan, yogurt organik tidak bisa dimodifikasi secara genetik, karena yogurt organik berasal dari​ susu​ sapi pemakan bahan alami.

Nutrisi

Greek yogurt punya beberapa kelebihan.​ ​Mengandung dua kali lipat protein d​ari yogurt biasa. Sedangkan kandungan lemaknya memang lebih banyak daripada yogurt​.​​ Harus diimbangi ​den​gan paduan​ buah-buahan​ segar​. Rasa greek yogurt juga tidak terlalu gurih, itu karena kandungan sodium di dalamnya tak terlalu banyak,​ ​setengah dari yogurt biasa. ​Sedangkan kandungan karbohidratnya setengah dari yogurt biasa.

Tertarik mengkonsumsi Greek Yogurt? Ketahui lebih dalam di sini.