Jalan-Jalan Yuk!

Shah Cheragh, Masjid yang Bermandikan Cahaya Interior Mengagumkan

Satumandau – Dari namanya, mestinya sudah mudah ditebak. Shah Cheragh, berlokasi di Iran. Masjid yang lokasi tepatnya berlokasi di Shiraz ini merupakan masjid sekaligus tempat pemakaman. Seringkali masjid ini mendapat julukan “King of the Light” atau dapat diartikan dengan “Raja Cahaya”. Julukan itu baru dapat dipahami dan sangat mudah ditebak alasannya bila kita sudah berada didalamnya, karena bila ditilik dari luar, masjid ini tidak menampakkan keistimewannya, alias biasa-biasa saja.

Apa yang menyebabkannya memperoleh julukan itu? Tidak lain dan tidak bukan karena Interiornya yang menakjubkan. Interior yang terdiri dari jutaan serpihan cermin kecil dan memantulkan cahaya ke segala arah terpasang di dalam masjid Shah Cheragh ini.

Namun, bila kita ingin mencari tahu tentang sejarah dari situs ini akan mengalami kesulitan. Rupanya sejarah situs istimewa ini memiliki masa lalu yang agak misterius.

 

Berdasarkan satu cerita yang banyak tersebar, sekitar 900 M, seorang musafir melihat sesuatu yang bersinar dari kejauhan. Setelah musafir mendekati sumber cahaya yang berasal dari daerah tersebut untuk menyelidiki, dia menemukan sebuah kuburan yang terang-benderang oleh cahaya. Mayat yang berlapis baja yang berasal dari sosok seorang tokoh Muslim ditemukan di dalamnya.

Daerah Shiraz menjadi tujuan ziarah bagi kaum Syiah. Untuk menghormati mayat tersebut, maka dibangunlah sebuah struktur yang megah. Struktur ini untuk menampung makam dan seiring berjalannya waktu, semakin ramai oleh pengunjung.

Sayangnya, Shah Cheragh telah rusak kondisinya, baik oleh manusia, alam, dan waktu, namun banyak perbaikan tetap mampu membuatnya bertahan sampai hari ini. Sebagai masjid, masjid ini masih bersinar memancarkan cahaya cerah seperti berlian yang mampu menarik peziarah dan turis dari seluruh dunia. [ ]