Sepakbola

Setelah 22 Tahun, Arsene Wenger Mundur Dari Arsenal Akhir Musim Ini

SATUMANDAU – Arsenal mengumumkan sebuah kabar mengejutkan. Pada Jumat (20/4) sore waktu setempat, kesebelasan berjuluk The Gunners tersebut mengabarkan jika Arsene Wenger tak akan lagi menjadi manajer per akhir musim ini. Keputusan tersebut membuat masa bakti Wenger di Arsenal terhenti pada usia 22 tahun.

Mundurnya Wenger sebagai manajer Arsenal ini merupakan kesepakatan bersama antara pihak manajemen Arsenal dengan Wenger. Oleh karenanya pelatih asal Prancis tersebut mengakhiri lebih cepat kontraknya bersama Arsenal yang sebenarnya baru berakhir pada akhir Juni 2019.

“Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati dan didiskusikan bersama klub, saya rasa ini adalah saat yang tepat untuk mundur pada akhir musim ini,” kata Wenger pada laman resmi Arsenal. “Saya bersyukur memiliki kesempatan berbakti untuk klub selama bertahun-tahun dengan momen-momen yang tak terlupakan.”

Wenger sendiri mengawali kariernya di Liga Primer sebagai sosok asing. Ia sebelumnya menukangi kesebelasan Liga Jepang, Nagoya Grampus. Tapi seakan waktu berjalan ia membuktikan kualitasnya dengan menorehkan sejumlah prestasi; tiga trofi Liga Primer, tujuh trofi Piala FA dan tujuh kali memenangi Community Shield. Arsenal juga pernah dibuatnya tak terkalahkan dalam satu musim liga (49 laga) di mana rekor itu belum mampu dilampaui kesebelasan Inggris manapun.

Selain trofi, tak sedikit juga pemain-pemain yang besar berkat polesannya. Dimulai dari Thierry Henry, Patrick Vieira, Robin van Persie, Emmanuel Petit dan masih banyak lagi. Para pemain tersebut kemudian semakin istimewa dengan filosofi permainan indah Arsenal dengan umpan-umpan pendeknya yang kemudian melahirkan istilah “Wengerball”.

Namun memasuki era milenium, prestasi mulai redup di kubu Arsenal. Bahkan untuk menjadi kandidat juara pun mulai terbilang sulit. Musim ini Arsenal tersingkir dari kandidat juara Liga Primer. Bahkan saat keputusan mundurnya Wenger diumumkan, Arsenal tercecer di peringkat enam klasemen sementara. Arsenal terpaut 14 poin dari Tottenham Hotspur yang menempati posisi empat klasemen, atau posisi terakhir liga yang lolos ke Liga Champions.

Meski begitu, peluang Arsenal untuk tampil ke Liga Champions musim depan masih terbuka lewat jalur Liga Europa. Saat ini Arsenal berhasil melangkah ke babak semifinal. Di babak empat besar tersebut Arsenal akan menghadapi kesebelasan asal Spanyol, Atletico Madrid. Jika berhasil juara maka tiket ke Liga Champions musim depan bisa didapatkan.

Liga Europa sendiri menjadi satu-satunya harapan Wenger untuk meraih trofi pada musim ini. Sebelumnya Arsenal takluk di final Piala Liga dari Manchester City dengan skor 3-0. Di Piala Liga kesebelasan yang bermarkas di Emirates Stadium ini tersingkir lebih dini yakni di Babak Ketiga oleh Nottingham Forest.

Oleh karena itu sepanjang musim ini, dengan Arsenal yang pertama kalinya tidak berlaga di Liga Champions, kritikan dari para pendukung Arsenal pun semakin nyaring. Tak sedikit yang menginginkan Wenger segera mundur atau dipecat, khususnya dalam lima tahun terakhir. Tapi dengan pengumuman mundurnya ini, tampaknya tak akan ada lagi ungkapan #WengerOut. Sebaliknya, Merci Wenger yang berarti terima kasih, Wenger akan mulai bermunculan. Apalagi seperti yang dikatakan Wenger, di mana ia meminta para pendukung Arsenal tetap mendukung klub agar bisa kembali menjadi kesebelasan raksasa.

“Saya menangani klub ini dengan penuh komitmen dan integritas. Saya ingin berterima kasih pada para staff, pemain, direktur klub, dan para pendukung yang membuat klub ini menjadi sangat spesial. Saya meminta pada fans kami agar tetap berada di belakang tim untuk bisa finis lebih tinggi lagi. Untuk semua pencinta Arsenal, jagalah nilai klub ini. Cinta dan dukungan saya tidak akan pernah berakhir.”

Untuk siapa penggantinya dan seperti apa peran Wenger ke depannya, Arsenal belum memutuskan hal tersebut. Walau begitu pihak klub akan secepat mungkin mencari penggantinya.

“Arsene [Wenger] akan memimpin tim hingga akhir musim dan kami akan menunjuk pengganti secepatnya. Klub tidak akan mengeluarkan pernyataan apapun selama proses seleksi tersebut sampai keputusan penunjukan diambil,” tulis laman resmi Arsenal.  #MerciArsene

 

sumber berita