Kabar Kalimantan

Selamat Ultah Paman Birin! Ketua Golkar Kalsel ini Tanggalnya Bertepatan Dengan Hari Ayah Nasional

 

Satumandau – Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor pada hari Minggu (12/11/2017) tepat berusia 50 tahun. Sosok yang lahir di Banjarmasin 12 November 1967 merupakan sosok yang dihormati di Kalimantan Selatan. Selain sebagai kepala daerah Beliau juga menduduki pucuk pimpinan DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel).

Nah!  Momen spesial ulang tahun Paman Birin ini ternyata juga bertepatan dengan peringatan Hari Ayah Nasional yang jatuh tiap tanggal 12 November. Konsep perayaan Hari Ayah Nasional sendiri adalah untuk menghormati peran ayah. Pencetusannya untuk kali pertama adalah di kota Solo, Jawa Tengah.

Hari Ayah Nasional ini berbeda tanggal perayaannya dengan perayaan Hari Ayah Internasional Di luar negeri seperti di Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong, serta lebih dari 75 negara lainnya, peringatan Hari Ayah atau Father’s Day dirayakan pada Ahad di pekan ketiga Juni.

Lain Lagi dengan yang terdapat Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah. Hari Ayah mendapatkan sebutan yang berbeda. Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day (dalam bahasa Inggris), demikian sebutannya, diperingati setiap 19 November.

Perayaan Hari Ayah sudah dimulai sejak awal abad ke-12. Bentuk perayaan pada umumnya adalah  dengan memberikan hadiah kepada ayah serta melakukan kegiatan kekeluargaan bersama. Hari ayah dirayakan sebagai bentuk apresiasi terhadap sosok ayah. Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga.

Boleh dibilang, Paman Birin adalah sosok ‘ayah’ bagi warga Kalsel, karena beliau adalah pemimpin tertinggi pemerintahan Kalimantan Selatan. Selamat ulang tahun Paman Birin, Selamat ulang tahun Pak Ketua, dan selamat Hari Ayah Nasional! [ ]