Kabar Kalimantan

Samboja Disebut Jadi Lokasi Ibu Kota Baru RI, Benarkah?

SATUMANDAU Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memastikan ibu kota negara akan berpindah dari Jakarta ke salah satu daerah di Pulau Kalimantan. Meski demikian, kepala negara masih menutup rapat-rapat lokasi ibu kota baru. Belum diketahui kapan Jokowi akan mengumumkan lokasi persisnya.

Langkah pemerintah memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan akan diikuti dengan pemindahan pegawai negeri sipil (PNS). Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengungkapkan kriteria kementerian yang harus memindahkan para abdi negara.

Beberapa dokumen dan sumber yang diperoleh CNBC Indonesia terungkap salah satu wilayah yang siap menjadi Ibu Kota Negara baru RI adalah di daerah Samboja.

Samboja merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas wilayah mencapai 1.045,90 km2.

Mengutip situs Kutai Kartanegara, Samboja ini memiliki penduduk 74.402 jiwa pada 2014 lalu. Samboja memiliki letak yang strategis karena berbatasan langsung dengan pintu gerbang Kalimantan Timur.

Samboja, Benarkah Lokasi Ini Jadi Ibu Kota Baru RI?

Foto: Lokasi Ibu Kota (dok: Google maps)

Samboja berjarak 1 jam 16 menit atau 44,8 km dari Bandara Sepinggan.

Benarkah lokasi tersebut akan menjadi lokasi final Ibu Kota Negara RI yang baru?

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku lokasi Ibu Kota masih rahasia. Ia tidak mau memberikan konfirmasi mengenai Samboja ini. Namun untuk urusan desain memang sudah ada dan dikerjakan Kementerian PUPR.

“Desain dibuat tim PUPR. Lokasi rahasia ya,” kata Bambang kepada CNBC Indonesia.

Samboja, Benarkah Lokasi Ini Jadi Ibu Kota Baru RI?

Foto: foto/ lokasi Ibu Kota (dok: google earth)

Join The Discussion