Kabar Kalimantan

Sahbirin Noor Minta Restu Menperin Airlangga Hartarto Bangun Politeknik Industri di Kalsel

SATUMANDAU – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor meminta dukungan Kementerian Perindustrian untuk rencana pembangunan perguruan tinggi politeknik industri di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal ini terungkap pada Senin (19/2/2018), ketika Gubernur Sahbirin Noor di Banjarmasin mengatakan dalam pemaparannya di depan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, pihaknya telah menjelaskan dengan rinci tentang pentingnya pendirian politeknik industri di Kalimantan Selatan (Kalsel). Menurut tokoh Golkar Kalsel ini, pemikiran pembangunan politek industri, antara lain untuk mendorong pertumbuhan investasi industri melalui penyediaan tenaga kerja industri lokal yang memiliki kompetensi yang memadai.

Selain itu, Sahbirin Noor berharap nantinya keberadaan politeknik industri di Kalsel dapat memberdayakan SDM di wilayah Kalsel dan sekitarnya untuk menjadi tenaga kerja industri kompeten sesuai kebutuhan dunia usaha industri.  “Kita juga berharap provinsi ini sebagai pusat inovasi dan penelitian serta pengembangan industri baja dan produk turunannya,” demikian Sahbirin Noor memberikan penjelasan.

Lebih lanjut, politisi Partai Golkar ini juga mengemukakan progres perkembangan kawasan industri di Batulicin, antara lain tersedianya lahan 560 hektare milik Pemprov Kalsel dengan sertifikat HPL Nomor 0001 Tahun 2012. “Juga telah ada dokumen perencanaan berkenaan pembangunan kawasan industri Batulicin baik APBD (MP, RDTR, AMDAL, ANDALALIN maupun APBN (DED Poltek Industri, DED Jalan Dalam KI, RDTRK Pendukung KIB),” jelasnya.

Sebelumnya, pada Kamis (15/2/2018) Gubernur Kalsel melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Perindustrian. Kunjungan tersebut didampingi Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maning, Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fazar Desira, Kadis Perindustrian Kalsel Mahyuni, Rizal Akbar Staf Khusus Gubernur, dan sejumlah pejabat Pemkab Tanah Bumbu.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan siap mendukung pendirian politeknik industri di Batulicin sebagai sarana melahirkan tenaga muda terampil ahli di bidang industri. Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menyatakan terkesan dengan pemaparan Gubernur Kalsel terkait upaya pemerintah daerah setempat dalam mensinergikan kebijakan pembangunan dengan kebijakan pemerintah pusat. Manfaat lainnya adalah sebagai jembatan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitarnya.

Menteri perindustrian menyatakana akan mendukung rencana tersebut. “Kita akan dukung rencana pembangunan Politeknik Industri. Keberadaan lembaga pendidikan tersebut memang penting mengingat negara ini masih membutuhkan tenaga-tenaga muda yang ahli di bidang industri,” katanya. Airlangga mengatakan keberadaan politeknik industri yang pembangunannya satu kawasan dengan program strategis nasional yaitu di kawasan industri selaras dengan visi pemerintah untuk memacu pertumbuhan ekonomi, baik mikro maupun makro. [ **** ]