Kabar Kalimantan

Resmi! Jokowi Tetapkan Ibu Kota Baru NKRI di Wilayah Kalimantan Timur

 

SATUMANDAU Teka-teki wilayah yang akan dijadikan sebagai Presiden Joko Widodo akhirnya terkuat. Melalui pengumuman resmi yang turut disiarkan oleh televisi nasional, Presiden RI Joko Widodo mengumumkan lokasi ibu kota baru pada Senin (26/8/2019) siang.

Bertempat di Istana Negara, Jakarta. Jokowi mengumumkan wilayah di Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru menggantikan DKI Jakarta. Jokowi menyebut dua kabupaten di Provonsi Kaltim yang menjadi lokasi ibu kota baru. Kedua wilayah tersebut yaitu sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara, dan sebagian lagi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Pemerintah sudah melakukan kajian mendalam dan mengintensifkan studinya dalam 3 tahun terakhir. Hasil kajian menyimpulkan lokasi ibu kota baru adalah sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur,” ujar Jokowi.

Alasan Pemilihan Wilayah

Ada beberapa alasan terkait penetapan kedua wilayah di Kaltim tersebut sebagai Ibu Kota baru NKRI, sebagaimana diungkap Jokowi.

Dalam penuturannya, salah satu alasan karena risiko bencana yang boleh dikatakan minimal di wilayah tersebut. Bencana-bencana seperti gempa bumi, tsunami, banjir, kebakaran hutan, sampai dengan tanah longsor.

Alasan berikutnya yaitu lokasi kedua wilayah terpilih di Kalimantan Timur tersebut berada di tengah Indonesia, sehingga dianggap sangat strategis.

Ketiga, karena diapit dua wilayah perkotaan yang telah berkembang terlebih dahulu, yaitu Samarinda dan Balikpapan, sehingga dapat dikatakan memiliki dukungan infrastruktur yang cukup lengkap.

Menjawab Teka-teki

Walau dalam beberapa kesempatan sebelumnya, wilayah yang akhirnya terpilih sudah pernah disebutkan serta dispekulasikan sebagai tempat Ibu Kota baru, namun tetap saja pengumuman  tersebut menjawab teka-teki besar yang menggelayuti selama beberapa bulan terakhir.

Petunjuk terakhir diberikan pada pekan lalu. Ketika itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil melempar informasi bahwa ibu kota baru akan berlokasi di Kalimantan Timur, pada Kamis (22/8/2019).

“Iya Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana,” ujar Sofyan kala itu. Dirinya menegaskan bahwa pemerintah akan segera mengunci lahan di wilayah Ibu Kota baru jika sudah ada pengumuman resmi dari presiden.

Tak lama kemudian pernyataan Sofyan langsung dibantah oleh Presiden Joko Widodo. Namun akhirnya, semua teka-teki tersebut terjawab pada hari ini. Selamat untuk Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Tugas dan tanggung jawab baru telah menanti. (tim liputan)


*sumber foto: wikipedia/Arief Rahman Saan (Ezagren)

 

Join The Discussion