Kabar Kalimantan

Rapat Pleno, Rita Tetap Cagub Jagoan Golkar Kaltim

SATUMANDAU Setelah melalui rapat pleno, Rita Widyasari tetap kukuh sebagai Cagub jagoan yang diusung Golkar Kaltim.

Makmur HAPK, Ketua Harian Dewan Pengurus Daerah (DPD) I Golkar Kalimantan Timur (Kaltim), memastikan hal tersebut. Rapat Pleno Diperluas pada Senin (27/11) malam di Hotel Selyca Samarinda telah digelar Golkar Kaltim. Dalam rapat tersebut sama sekali tidak membahas pengganti Rita Widyasari sebagai Calon Gubernur Kaltim.

Dalam pleno ini yang menjadi pembahasan hanya tentang Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kaltim. Cawagub tersebut nantinya akan mendampingi Rita maju di Pilgub 2018 mendatang. Sempat beredar sebelumnya, bahwa tercantum pada undangan akan membahas salah satunya mengenai opsi pengganti Rita Widyasari.

Namun, menanggapi hal ini, Makmur menepis berita tersebut. Hal senada juga dikatakan oleh Ketua DPD II Golkar Penajam Paser Utara (PPU), Andi Harahap. Dalam penjelasannya, Andi mengatakan perihal Rita Widyasari sebagai Cagub Golkar adalah sebuah ketetapan dan belum ada perubahan. Pencalonan Rita memang belum tergoyahkan, selama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar belum mencabut surat keputusan (SK) penetapan cagub.

Andi Harahap mengatakan bahwa SK pengangkatan Rita masih berlaku. Nanti jika sudah dicabut DPP, baru bisa menampilkan sosok lain. Lebih lanjut, Andi Harahap mengungkapkan bahwa untuk mencabut SK ada mekanismenya. Pencabutan SK tersebut harus dilakukan dengan forum yang setingkat dengan pada saat penetapannya.

Karena rapat penetapan melalui Rapimnas, maka untuk pencabutan SK pun harus yang setingkat dengan Rapimnas. Itu pun dengan catatan seandainya SK pengangkatan Rita ingin dicabut. [ ### ]