Kabar Kalimantan

Praja Muda Beringin Tetap Dukung Rita Sebagai Cagub Golkar di Kaltim 2018

SATUMANDAU Praja Muda Beringin (PMB) tetap mendukung Rita Widyasari sebagai Cagub Partai Golkar di Provinsi Kaltim tahun 2018 nanti.

Sebagaimana diketahui, provinsi ini akan mengadakan pemilihan gubernur pada 2018 nanti. Golkar Kaltim telah memutuskan mencalonkan Rita Widyasari sebagai Cagub pada Pilkada Kaltim 2018 nanti. Namun, sayangnya, saat ini Rita Widyasari sedang menghadapi kasus hukum, berhadapan dengan KPK.

Meskipun tersandung kasus, dukungan kepada Rita Widyasari masih sangat besar. Dukungan tersebut baik dari masyarakat luas, maupun internal partai Golkar. Dukungan masih terus mengalir. Salahsatunya dari Praja Muda Beringin (PMB).  Hal ini terungkap dari hasil Focus Group Discussion (FGD) di Samarinda pada Senin (27/11/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pahlevi Pangerang, Wasekjen DPP Partai Golkar. Para peserta FGD tersebut sepakat untuk mendukung Bunda Rita.  Berdasarkan pembahasan dalam FGD tersebut, Bunda Rita memenuhi semua kriteria sebagai pemimpin Kaltim. Beliau dianggap sosok yang paling tepat membawa Bumi Etam menjadi lebih baik.

Rita Widyasari masih merupakan calon tunggal Pilgub Kaltim 2018. Hal ini disampaikan oleh Rudi Mas’ud yang menjabat Koordinator Pemenangan Pemilu Kalimantan DPP Partai Golkar. Partai Golkar masih mendukung penuh pencalonan Bunda Rita. Namun, Rudi Mas’ud menambahkan, bahwa partainya pun telah menyiapkan skenario lain. Bilamana Bunda Rita berhalangan, maka Partai Golkar akan mencari penggantinya dari kader internal partai.

Ada beberapa kriteria tertentu yang harus dimiliki sosok yang akan menjadi pemimpin Kaltim. Atribut-atribut seperti integritas tinggi, kapasitas mumpuni, loyalitas, serta rasa memiliki semangat tinggi untuk bersama-sama memenangkan pilkada. Atribut tersebut wajib dimiliki oleh sosok terpilih ini. Semua atribut tersebut telah ada dalam sosok Bunda Rita.

Walau saat ini terdapat kendala hukum dengan KPK, namun Partai Golkar tetap menegakkan asas praduga tak bersalah terhadap siapapun sampai terbukti bersalah di pengadilan. Bunda Rita merupakan sosok perempuan yang telah menjadi tokoh masyarakat, baik di Kaltim, dan terutama di Kutai Kartanegara.

Beliau merupakan tokoh yang selalu menempati posisi paling tinggi dalam setiap survei. Survei tersebut baik dilakukan secara internal maupun lembaga survei independen. Sampai saat ini, belum ada sosok lain yang mampu untuk menandingi ketokohan Rita di mata masyarakat, baik dari sisi popularitas maupun elektabilitas. Bunda Rita mampu melenggang sendirian dan menduduki singgasana tertinggi di Bumi Etam.

Walaupun semua berharap pada Bunda Rita, tapi Golkar tetap menyiapkan kader-kader muda. Harapannya ada kader muda berkarya dan memenuhi kritera seperti Bunda Rita. Minimal kriteria sosok tersebut levelnya mendekati Rita.

Partai Golkar memang merupakan gudang kader dengan kualitas tinggi. Namun, yang dibutuhkan saat ini adalah pemimpin berjiwa muda dan penuh dengan energi. Dan tentu saja, memiliki popularitas dan elektabilitas yang cukup untuk memenangkan Pilgub 2018.

Indonesia adalah negara hukum. Tentu saja harapannya, keadilan masih ada dan dapat tegak dengan seadil-adilnya. Termasuk keadilan bagi Bunda Rita. Jika Rita bersalah, jangan ada keraguan untuk menghukumnya. Namun, jangan melakukan persekusi seolah-olah beliau sudah bersalah. Padahal pengadilan pun belum memutuskannya.

Adil itu harus hadir sejak dalam pikiran. Dan bila Bunda Rita tidak bersalah, semoga pengadilan dapat menegakkannya.  Pengadilan adalah wakil Tuhan di dunia untuk urusan keadilan. Jadi, jangan bermain-main dengan hokum, apalagi mencampurkannya dengan politik.

Pahlevi Pangerang memberikan penuturan mengenai situasi pencalonan Rita. DPP Golkar terus mengikuti perkembangan kasus hukum yang tengah dihadapi Rita. Langkah-langkah antisipasi menghadapi kemungkinan terburuk juga sudah disiapkan. Pihaknya tengah melakukan survei ulang untuk mengusung kembali cagub yang baru untuk menggantikan Rita di Pilgub Kaltim 2018. Hal ini bila Rita berhalangan.

Pahlevi Pangerang menambahkan bahwa Golkar selalu memprioritaskan kader untuk maju dalam pilkada. Apalagi mengingat kondisi di Kaltim. Partai Golkar memiliki kursi yang cukup untuk mengusung pasangan calon sendiri.

Namun, yang terpenting adalah bahwa sosok tersebut harus memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi. Ini adalah hal mutlak agar peluang  memenangkan Pilgub menjadi besar. Dengan demikian sosok yang diusung sesuai dengan kriteria yang diharapkan masyarkat. Semoga ada keadilan bagi Bunda Rita. Partai Golkar tetap mengusung Rita Widyasari. Praja Muda Beringin juga masih mendukung Bunda Rita untuk maju dan memenangkan Pilgub Kaltim 2018. [ ### ]