Kabar Kalimantan

Politisi Golkar Kaltara Minta APBD Dikelola Konsisten dan Tepat Sasaran

SATUMANDAU Ketua DPRD Kaltara Marten Sablon mengatakan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus konsisten. Terlebih untuk kepentingan kebutuhan dasar masyarakat di Kaltara. Hal tersebut juga disampaikan oleh anggota DPRD Kaltara lainnya Siti Laila. Ia meminta pemerintah memberikan komitmen penuh dalam mengelola APBD.

Hal tersebut ia sampaikan beberapa waktu lalu, karena berhubungan dengan serapan anggaran yang harus lebih baik tahun 2018 ini. Menurut politisi perempuan dari Fraksi Golkar ini, pemprov harus konsisten dan tepat sasaran dalam mengelola anggaran. Selain menjalankan program yang sudah disusun sejak awal tahun, yang tak kalah penting adalah setiap pengguna anggaran mengalokasikan dana sebagaimana tugas dan fungsi masing-masing.

“Selain harus memanfaatkan waktu yang ada, tugas dan fungsi juga diperhatikan sehingga alokasi anggaran lebih tepat sasaran,” tegasnya. Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dimana diawal hingga pertengahan tahun serapan anggaran masih tergolong rendah, ia berharap hal tersebut tak terjadi lagi ditahun ini.

Salah satu yang harus dilakukan, menurut wanita berhijab tersebut, dimulai dari perencanaan yang baik dan segera menjalankannya lebih awal, sehingga lebih cepat dievaluasi dan dipertanggungjawabkan.  “Selain itu harus sinkron dengan RPJMD dan RPJMN dan diwujudkan dengan nawacita yang merupakan program dari Presiden Joko Widodo,” demikian terang Siti Laila.

Lebih jauh, ia berharap proses pembangunan di tahun ini harus mengedepankan pemanfaatan bagi masyarakat Kaltara. Hal itu harus tetap dijaga agar warga merasa puas dengan pelayanan pemerintah daerah. “Sebagai pelayan masyarakat, kita harus mendahulukan kepentingan rakyat. Anggaran yang sudah disahkan, pengalokasiannya prioritas kepada kepentingan rakyat apapun bentuk program yang ada di setiap instansi,” ujar Siti.

 

sumber berita