Politik

Pilkada Mempawah, Parpol Koalisi Golkar Rapat Strategi Pemenangan PERIMA  

SATUMANDAU Parpol yang tergabung dalam koalisi yang dipimpin oleh Partai Golkar melakukan rapat membahas strategi pemenangan pasangan PERIMA di Kabupaten Mempawah. Walaupun KPU belum mengumumkani calon bupati dan wakil bupati mempawah, pada Kamis (18/1/2018), sejumlah parpol yang tergabung didalam koalisi yang mengusung Pasangan Hj Erlina-Muhammad Pagi terus memantapkan strategi pemenangan.

Ria Norsan memimpin rapat koalisi parpol tersebut. Sosok Ketua DPD Partai Golkar Kalbar mengatakan rapat konsolidasi partai koalisi memang diperlukan untuk solidkan barisan parpol pengusung pasangan tersebut. Dengan demikian, sejumlah strategi pemenangan dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Menurut Ria Norsan, rapat tersebut bertujuan untuk dapatmenggerakkan mesin partai politik secara efektif. “Tujuannya untuk menggerakkan seluruh mesin politik parpol. Mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa hingga RT harus bergerak dan maksimal merebut dukungan masyarakat,” ujar Norsan. Sebagai catatan, beberapa parpol pengusung Hj Erlina dan Muhammad Pagi adalah Partai Golkar, Demokrat, Nasdem, Gerindra, Hanura, PKS dan PBB.

Ria Norsan mengatakan bahwa seluruh pengurus parpol yang tergabung dalam koalisi telah berkomitmen untuk memenangkan pasangan PERIMA. “Seluruh pengurus parpol koalisi berkomitmen untuk memenangkan PERIMA,” demikian ujar Ria Norsan.

Dalam kesempatan tersebut, Ria Norsan juga tidak menampik bahwa konsolidasi parpol pengusung pasangan PERIMA juga sekaligus menggalang dukungan dirinya yang juga akan maju sebagai Cawagub Kalbar bersama Sutarmidji. Namun, dirinya memahami, bahwa dari tujuh parpol yang mengusung Istrinya, terdapat dua parpol yang mengusung Cagub dan Cawagub berbeda, yakni Gerindra dan Partai Demokrat.

Ria Norsan menegaskan bahwa seluruh parpol yang tergabung dalam koalisi wajib memaksimalkan dukungan untuk memenangkan pasangan PERIMA. “parpol koalisi lainnya wajib memaksimalkan dukungan untuk kemenangan PERIMA. Seluruh pengurus, kader dan simpatisan dalam merebut suara rakyat untuk PERIMA dan Sutarmidji-Ria Norsan,” demikian tegas Ria Norsan.

Ria Norsan mengakui bahwa dirinya mengutamakan komitmen dari seluruh jajaran pengurus dan kader parpol koalisi, namun, tidak mengikat seluruh kader partai pengusung dengan pakta integritas dari para pengurus, kader hingga simpatisan untuk memenangkan PERIMA di Pilkada Mempawah dan Midji-Norsan di Pilgub Kalbar pada Juni 2018 nanti.

Tokoh Partai Golkar Kalbar ini mengatakan untuk mengedepankan politik santun dalam melakukan kampanye. “Saya berpesan kepada seluruh tim koalisi agar mengedepankan politik santun dalam bersosialisasi dan berkampanye di masyarakat. Hal itu penting agar figur yang diusung semakin mendapatkan simpatik dan dukungan masyarakat,” ujarnya mewanti-wanti tim koalisi. “Kita mengharapkan simpati masyarakat untuk memberikan dukungannya dengan cara-cara yang elegan dan bermartabat,” demikian tambahnya.

Dalam Pilkada nanti jangan menggunakan cara-cara pemaksaan dan intimidasi yang akan menimbulkan friksi dan keresahan di masyarakat. Hal itu juga akan merusak nilai-nilai demokratis, yang seharusnya menjadi nilai yang dijunjung tinggi dalam pelaksanaan demokrasi.

{****}