Politik

Pertarungan Satu Lawan Satu di Pilkada Pulang Pisau

SATUMANDAU Pertarungan sengit ditengarai akan terjadi pada ajang Pilkada Pulang Pisau. Pertarungan merebut kursi nomor satu  di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2018. Pertarungan satu lawan satu, ibarat kepala domba saling beradu. Dua kepala yang akan beradu kuat (Head to Head) adalah Edy Pratowo, berhadapan dengan Idham Amur.

Hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat pada Senin 12/2/2018) dua hari lalu, ada dua pasang akan bertarung di Pilkada Kabupaten Pulpis. Masalah utama yang kerap menjadi bahan perbincangan di Kabupaten Pulpis, terkait kebakaran lahan gambut.

     Berita lain terkait Edy-Taty:

Dua pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah akan bersaing dalam Pilkada Kabupaten Pulpis tahun 2018, yakni pasangan Edy Pratowo-Pudjirustaty Narang, yang diusung enam partai, yaitu Partai Golkar, PDIP, Partai Demokrat, PKPI, Partai Gerindra dan PAN. Mereka akan berhadapan dengan Idham Amur-Ahmad Jayadikarta. mereka diusung oleh tiga partai, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Kedua sosok ini sebelumnya juga pernah bertemu pada ajang Pilkada 2013. Setelah itu, keduanya juga sama-sama aktif di panggung politik, selama lima tahun terakhir. Edy Pratowo menjabat sebagai Bupati dan Idham Amur menjabat sebagai Wakl Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis). Melihat kondisi riil yang sudah ada, keduanya sudah memiliki pendukung di masyarakat.

Ibaratnya, sudah 90 persen masyarakat menetapkan pilihan untuk kedua calon tersebut. Artinya, siapa yang akan dipercayakan sebagai pemimpin di Pulpis sudah ada di hati masyarakat. Namun, yang perlu diingat, politik itu sifatnya dinamis, dan yang namanya politik bisa berubah. Pertarungan tarik menarik untuk mengubah pilihan dan menetapkan pilihan hati masyarakat. Demikianlah Pilkada Pulpis menjadi tempat uji kekuatan yang akan dibuktikan di hari pencoblosan Juni 2018 nanti. [ *** ]