Sepakbola

Perkenalkan Lima Teknologi di Piala Dunia 2018

SATUMANDAU – Teknologi telah merambah di jagat olahraga, tak terkecuali sepak bola. Di Piala Dunia 2018 kali ini, FIFA juga menggunakan sejumlah teknologi yang memiliki peran penting. Ada lima teknologi yang diterapkan selama Piala Dunia berlangsung.

Tampak pemandangan keseluruhan sebelum pembukaan Piala Dunia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia 14 Juni 2018. Tuan Rumah Rusia akan melawan Arab Saudi Pada laga pertama Piala dunia 2018. (REUTERS/Maxim Shemetov)

Mata dunia tertuju pada perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia. Betapa tidak, kompetisi sepakbola terbesar itu tak lepas dari penggunaan teknologi canggih. Nah, berikut 5 teknologi di Piala Dunia 2018.

 

Video Assistant Referee (VAR)

Teknologi VAR sedang diperbincangkan karena menuai pro dan kontra. Di satu sisi, teknologi tersebut disebut-sebut menjadi asisten wasit yang bertugas untuk membantu wasit dalam menentukan keputusan pertandingan seperti memberikan kartu merah, tendangan bebas, pinalti dan pelanggaran lainnya. Namun demikian, VAR hanya sebagai saran dan keputusan tetap ada di tangan wasit.

 

Sistem Pelacak Dan Performa (EPTS)

FIFA sangat mengandalkan teknologi Electronic Performance and Tracking System (EPTS). EPTS adalah sebuah sistem berbasis tablet yang dapat terhubung dengan kamera dan teknologi nirkabel. Setiap staf pelatih per tim akan diberikan 3 tablet untuk mendapatkan data pemain dari segi performa seperti kemampuan passing, tackle dan lainnya.

 

Biometrik dan Pembayaran Cashless

Untuk para traveller yang ada di Rusia, pihak Visa memiliki opsi untuk berbelanja dengan sistem cashless di semua venue Piala Dunia 2018. Visa akan memiliki terminal POS yang didukung dengan sistem pembayaran melalui smartphone atau smartwatch.Pengguna dapat melakukan transaksi dengan cepat dengan teknologi scan biometric.

 

Konten Video 4K dan Virtual Reality (VR)

Untuk pertama kalinya, kompetisi Piala Dunia tersedia video konten dengana resolusi 4K. Para penyiar di seluruh dunia akan menyiarkan setiap pertandingan dengan resolusi 4k Ultra High Definition untuk memberikan pengalaman yang lebih kepada penonton. Selain itu, penyiar menyediakan teknologi VR untuk penggemar sepakbola. Salah satu penyiarnya yang menyediakan VR adalah BBC.

Near Field Communication (NFC)

Berdasarkan informasi dari Adidas, inovasi teknologi yunutk mendukung Piala Dunia adalah Adidas Telstar 18. Teknologi yang dimaksud adalah menyematkan chip NFC pada bola resmi Piala Dunia 2018.  Chip tersebut dapat membantu bola untuk berkomunikasi dengan smartphone dan berfungsi untuk meneliti serta melakukan otentikasi.

sumber berita