Nusantara

Perkenalkan Lalu Muhammad Zohri, Sprinter Indonesia Peraih Emas Kejuaraan Dunia Atletik U-20

Keterangan gambar: Lalu Muhammad Zohri mengalahkan dua sprinter Amerika Serikat (Foto: Stephen Pond/Getty Images for IAAF)

 

SATUMANDAU Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, meraih prestasi gemilang di Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Lalu merebut medali emas di nomor bergengsi, lari 100 meter putra. Lalu memenangi medali emas setelah finis terdepan dalam final lari 100 meter putra yang dilangsungkan di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Lalu mencapai garis finis dalam waktu 10,18 detik. Atlet berusia 18 tahun itu mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatat waktu 10,22 detik. Pencapaian Lalu merupakan sejarah baru dalam dunia atletik Indonesia. Sebelumnya, prestasi terbaik atlet Indonesia di nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 adalah finis kedelapan di babak penyisihan pada 1986.

Dengan catatan waktu 10,18 detik, Lalu juga mempertajam catatan waktu terbaiknya (personal best). “Saya sangat gembira dengan catatan waktu terbaik saya dan rekor junior nasional. Sekarang, saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan,” kata Lalu di situs resmi Federasi Atletik Dunia (IAAF). “Saya sangat bangga. Ini adalah sebuah pengalaman luar biasa dan ini sangat bagus untuk karier saya,” ujarnya.
Lalu Muhammad Zohri bersujud sebagai rasa syukur atas kemenangannya

Lalu Muhammad Zohri bersujud sebagai rasa syukur atas kemenangannya (Foto: Charlie Crowhurst/Getty Images for IAAF)

 

sumber berita