Kabar Kalimantan

Perihal Soedarmo Diminta Maju Golkar di Pilgub Kaltim 2018, Ini Jawabnya

 

Satumandau Beberapa waktu yang lalu sempat tersiar kabar bahwa sosok ini telah diminta oleh Partai Golkar untuk maju meramaikan Pilgub Kaltim pada tahun 2018 nanti. Sosok ini berasal dari kalangan militer, dan terus terang, memang membuat kancah perpolitikan di Provinsi Kalimantan Timur menjadi semakin menghangat.

Menanggapi kabar yang telah beredar, sosok ini pun memberikan tanggapannya. Soedarmo saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Beliau angkat bicara terkait pemberitaan yang menyebut dirinya didorong maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Sosok pria gagah berpangkat Mayjen TNI ini membenarkan kabar yang telah santer beredar tersebut.

Menurut analisa beliau, permintaan kemungkinan disampaikan kepadanya karena alumni AKABRI 1983 ini cukup memahami kondisi yang ada di Kaltim. Soedarmo sebelumnya sempat bertugas sebagai Kepala BIN Daerah Kaltim selama beberapa waktu lalu.

Soedarmo membenarkan bahwa memang ada beberapa tokoh yang meminta hal tersebut. Sosok ini berujar bahwa dirinya memang pernah bertugas di Kaltim. Soedarmo mengatakan hal tersebut di Jakarta pada Hari Selasa (14/11).

Kemudian muncul pertanyaan: Apakah Soedarmo Akan menerima permintaan tersebut? Dengan ramah beliau menyatakan tidak. Soedarmo juga memiliki karir dengan pengalaman yang cukup banyak, diantaranya pernah menjadi Atase Pertahanan RI di Bangkok.

Apakah alasan penolakannya itu? Soedarmo hanya berseloroh sambil tertawa renyah. Beliau menjawab bahwa dirinya sampai saat ini tidak mendapat wangsit dari Yang Maha Kuasa.

Mantan direktur BIN wilayah Sumatera-Kalimantan ini melanjutkan keterangannya. Beliau mengaku bahwa saat ini hanya ingin menjabat sebagai kepala daerah jika ditunjuk langsung oleh atasannya. Yaitu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Presiden Joko Widodo. [ ]