Kabar Kalimantan

Pergantian Ketum Golkar Ancam Rekomendasi di Pulpis

SATUMANDAU Gonjang-ganjing pergantian ketua umum Partai Golkar ancam rekomendasi yang sudah dikeluarkan untuk Pilkada 2018 di Kabupaten Pulpis (Pulang Pisau), Kalimantan Tengah. Sebagaimana diketahui, status tersangka yang melekat pada Novanto dalam kasus korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (e-KTP), memicu gelombang desakan untuk menggelar munaslub agar ada pergantian  Ketua Umum Partai Golkar dari Setya Novanto.

Jika Setya Novanto diganti maka ada potensi terjadinya “gejolak” di daerah. Perubahan ketua umum ini akan membuka pintu kemungkinan perubahan rekomendasi calon kepala daerah yang diusung atau didukung oleh Partai Golkar pada Pilkada 2018. Memang pada dasarnya sudah ada surat keputusan, dan pada dasarnya tidak ada perubahan dari DPP. Namun perubahan ketua umum membuat arah kebijakan politik juga ada kemungkinan berubah.

Yang ditakutkan oleh politisi di daerah, jika isu politik nasional itu juga akan berimbas. Terutama untuk Provinsi Kalteng, terutama dalam Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis)  dan Kota Palangka Raya. Pulpis merupakan salah satu Basis Partai Golkar di Kalteng. Tentunya dengan isu politik nasional saat ini akan terjadi gejolak disana. Apalagi, berdasarkan informasi di Kabupaten Pulpis akan terjadi koalisi partai besar.

Perubahan mungkin saja terjadi, dan memang harus diantisipasi. Tentu saja, bila memang terjadi perubahan, tidak berlanjut kepada penolakan dan kemudian perpecahan. Ajang Pilkada serentak 2018 yang tinggal beberapa bulan saja membutuhkan energidan konsentrasi penuh. Hal tersebut hanya bisa didapatkan dengan kondisi partai yang solid.  [ ### ]