Kabar Kalimantan

Peningkatan Kesejahteraan Guru Jadi Fokus Perhatian Golkar

SATUMANDAU Peningkatan kesejahteraan para guru menjadi fokus perhatian Partai Golkar Kabupaten Gunung Mas. Provinsi Kalimantan tengah.

Kesejahteraan para guru yang hidup dan mengabdi di wilayah pelosok Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah masih dirasakan minim. Hal ini menjadi perhatian serius Punding Merang. Beliau adalah Wakil Ketua DPRD kabupaten Gunung Mas.

Punding S Merang yang juga adalah tokoh dan politisi Partai Golkar Kabupaten Gunung Mas merasa sangat miris dengan kenyataan ini. Menurut penilaiannya, para guru masih banyak yang belum mapan. Bahkan ada guru honorer yang sudah puluhan tahun mengabdikan hidupnya demi pendidikan, namun hidupnya sangat sederhana. Tidak hanya sederhana, namun dapat dikatakan jauh dari kemapanan dan kecukupan.

Banyak guru yang melakukan pekerjaan tambahan di luar pekerjaan pokoknya. Banyak ditemukan guru yang setelah selesai mengajar para murid, mereka akan bekerja di tempat lain. Para guru tersebut kembali bertani untuk menambah penghasilannya. Menurut Punding, hal ini sangat ironis. Hal seperti  ini seharusnya tidak terjadi. Seharusnya guru dapat diperhatikan kesejahteraannya. Dengan demikian mereka dapat fokus menjadi pengajar dan pendidik.

Punding S Merang melalui DPRD Kabupaten Gunung Mas akan terus memperjuang peningkatan kesejahteraan guru. Salah satu caranya adalah berusaha untuk menambahkan insentif guru.  Penambahan tersebut melalui anggaran 2018. Punding berharap agar masih ada peluang memasukkan insentif untuk para guru di anggaran pendidikan.

Punding pun menyadari bahwa meskipun nantinya insentif guru dapat ditingkatkan, hal tersebut belumlah cukup. Masih banyak guru, baik guru honorer maupun guru yang sudah diangkat, banyak dari mereka yang hidupnya masih belum layak.

Sosok seorang guru sudah selayaknya dihormati. Punding berharap nantinya dengan adanya pemberian insentif dapat perlahan meningkatkan kesejahteraan guru. Peningkatan kesejahteraan tersebut akan meningkatkan martabat para guru. Masyarakat harus menyadari dan menghormati tugas mulia para guru di Kabupaten Gunung Mas.

Memang seharusnya kita menyadari jasa guru sangat besar. Bahwa karena guru seseorang bisa berhasil dalam kehidupannya. Mulai dari artis, pengusaha, menjadi bupati, walikota, gubernur, bahkan hingga presiden. Namun guru akan tetap seperti itu saja, yaitu sebagai seorang guru. Golkar senantiasa terus berusaha menjadi sahabat rakyat dengan memperhatikan dan mendorong kesejahteraan masyarakat. Termasuk meningkatkan kesejahteraan guru. [ ### ]