Nusantara

Pemilu 2019, PAN-PD Berpeluang Besar Tak Dukung Jokowi

SATUMANDAU – Menjelang Pilpres 2019 peta dukungan partai politik saat ini sudah terbagi dua kubu. Kelompok pendukung capres petahana Jokowi dan pendukung non Jokowi. Direktur Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN), Yasin Mohammad mengatakan, saat ini Jokowi masih berada di atas angin dengan dukungan enam partai di parlemen, yaitu PDIP, Golkar, Nasdem, PPP, Hanura dan PKB.

Dukungan ini ditambah partai non parlemen, PKPI, Perindo dan PSI. Sementara, kata Yasin, kubu non Jokowi ada dua partai yang memiliki kursi parlemen, Gerindra dan PKS serta PBB di mana belum masuk parlemen.

“Mengapa saya sebut sebagai parpol non pendukung Jokowi, karena baru Gerindra yang menyebut mendukung Ketua Umumnya, Prabowo Subianto. Sementara PKS dan PBB masih belum mendeklarasikan resmi siapa calonnya,” katanya dalam Dialektika Pencapresan Dan Amcaman Perpecahan Parpol di Kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (27/5).

Kekuatan kubu non pendukung Jokowi, lanjutnya, masih berpeluang mendapat tambahan tenaga. Pasalnya, ada dua partai dengan kursi di parlemen yang masih belum menentukan sikap untuk Pilpres 2019 mendatang.

“Partai Demorat dan PAN, dua partai ini sangat mungkin peluangnya untuk bergabung di kelompok non pendukung Jokowi,” tukasnya.

sumber berita