Nusantara

Peduli Pendidikan Tinggi, Alumni Bakrie Center Foundation Bantu Anak Kurang Mampu

SATUMANDAU – Akses ke perguruan tinggi masih merupakan hal yang mewah bagi sebagian besar orang. Hal ini terlihat dengan masih banyaknya anak kurang mampu yang belum berkesempatan masuk ke perguruan tinggi.

Merespon hal tersebut, Slamet Riyadi, SIP., M.IP., yang merupakan Alumni Bakrie Graduate Fellowship (BGF) Universitas Lampung membuat program pendampingan masuk perguruan tinggi yaitu “Aku Bisa Kuliah”. Program ini bekerjasama dengan pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

PKH sendiri adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan syarat dapat memenuhi kewajiban terkait pendidikan dan kesehatan. PKH, bertujuan mengurangi beban RTSM dan diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan. PKH juga mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium atau Millenium Development Goals (MDGs). Program ini dikenal sebagai Program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (anak usia sekolah) maupun kehadiran di fasilitas kesehatan (anak balita dan ibu hamil).

Pada program “Aku Bisa Kuliah” ini, setiap anak yang dibina akan diarahkan agar berhasil meraih beasiswa BIDIKMISI. Sebagai langkah awal, bentuk kegiatan yang dilakukan berupa, Training Motivasi Kuliah, Post Tes dan Pre Test, Pemetaan minat dan potensi siswa, Pendampingan dan Konseling masuk Perguruan Tinggi, Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan. Secara khusus peran Alumni BGF pada program ini adalah memberikan motivasi, bimbingan terkait kiat sukses lulus selekasi masuk Perguruan Tinggi dan cara Hebat belajar sebagai Mahasiswa.

Tujuan program ini adalah (1) Memberikan gambaran komprehensif kepada siswa SMA/MA/SMK kelas 12 asal KPM PKH terkait serba-serbi Pendidikan Tinggi, motivasi kuliah, pengetahuan soal beasiswa, serta kiat sukses dalam Pendidikan Tinggi. (2) Meyakinkan siswa-siswa tersebut untuk berani bermimpi dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta menghapus image orang miskin tak mampu kuliah. (3) Memfasilitasi siswa-siswa tersebut dalam menyusun rencana dan strategi melanjutkan pendidikan tinggi. (4) Memfasilitasi pendaftaran siswa-siswa tersebut melalui jalur Beasiswa Bidik Misi, PMPAP Universitas Lampung serta Beasiswa Pemerintah Provinsi Lampung sebagaimana dukungan Kementrian Sosial RI melaui Surat Dirjend Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor: 135/LJS.JSK/01/2017 Tentang Program Bidik Misi bagi Peserta PKH tertanggal 24 Januari 2017. (5) Melakukan pemetaan siswa sesuai dengan kemampuan dan potensi masing-masing individu.

Sasaran program ini adalah siswa kelas 12 yang merupakan anak dari penerima program PKH yang berada di 7 Kabupaten Kota diantaranya Way Kanan, Lampung Timur, Mesuji, Lampung Barat, Metro, Pesawaran, Tulang Bawang. Adapun target anak yang akan dibina sebanyak 89 anak.

 

bcf.or.id ]