Politik

Paslon Sofyan-Nusyirwan Tunggu Rekomendasi Golkar Untuk Bertarung di Pilgub Kaltim  

SATUMANDAU Menurut perkembangan terakhir, pasangan calon Andi Sofyan Hasdam dan Nusyirwan Ismail sedang menunggu rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk bertarung di Pilgub Kaltim. Andi Sofyan Hasdam adalah Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Kalimantan Timur yang ditunjuk oleh DPP Partai Golkar melalui SK yang ditandatangani oleh Airlangga Hartarto. Beliau ditunjuk menggantikan ketua  Golkar Kaltim sebelumnya, yaitu Rita Widyasari yang ditangkap oleh KPK pada September 2017 lalu.

Calon pasangannya sebagai wakil gubernur adalah Ir. H. Nusyirwan Ismail, M.Si. Sosok pria berdarah Banjar kelahiran Samarinda 58 Tahun silam. Saat ini Nusyirwan Ismail menduduki jabatan sebagai Wakil Wali Kota Samarinda periode kedua yang dijabatnya sejak 17 Februari 2016. Dirinya bersama Syaharie Jaang yang merupakan Wali Kota Samarinda akan saling berkompetisi dalam ajang Pilgub Kaltim. Sebagaimana diketahui, Syaharie Jaang bersama pasangannya, yaitu awang Ferdyan Hidayat akan maju dengan dukungan tiga partai, yaitu Partai Demokrat, PKB, dan PPP dengan total 14 kursi parlemen DPRD Provinsi Kaltim.

Nusyirwan Ismail sendiri telah mendapat dukungan dari Partai Nasdem.  Plt Golkar Kaltim Andi Sofyan Hasdam membenarkan perihal dirinya dan Nusyirwan Ismail yang sudah mendapatkan restu dari DPP Nasdem untuk maju pada Pilgub 2018. Lebih lanjut, Sofyan Hasdam  bahkan mengatakan bahwa saat ini sedang menunggu SK dari DPP Golkar. “Ya saya dan pak Nusyirwan akan maju pada pilgub Kaltim, kita telah direstui oleh Golkar, tinggal nunggu SK nya,” ujar Sofyan Hasdam memberikan keterangannya pada Senin (8/1/2018)

Sofyan Hasdam mengatakan, bahwa paling lambat SK dari DPP Partai Golkar akan diterima pada Selasa (9/1/2018). Kemudian bila segalanya lancer sesuai rencana, maka pada Rabu (10/1/2018), dirinya bersama Nusyirwan Ismail akan bersama-sama mendaftarkan pencalonannya di kantor KPU Kaltim.

Bila memang kondisi ini tidak mengalami perubahan, maka pada ajang Pilgub Kaltim akan bertarung 4 pasang calon. Berikut pasangan dan partai pendukungnya, serta jumlah kursi di parlemen. Pasangan pertama yaitu Isran Noor – Hadi Mulyadi (Gerindra-PKS-PAN) dengan jumlah 14 kursi. Pasangan kedua, yaitu Syaharie Jaang – Awang Ferdian Hidayat (Demokrat-PKB-PPP) dengan jumlah 14 kursi. Pasangan ketiga, Andi Sofyan Hasdam – Nusyirwan Ismail (Golkar-NASDEM) dengan jumlah 15 kursi, dan masih menunggu pengumuman resmi dari Partai Golkar. Pasangan keempat, dari PDIP, mengumumkan Safaruddin sebagai I Cagub yang akan diusung oleh partai banteng moncong putih tersebut. Namun, belum resmi mengumumkan pasangan wakilnya.  [ ### ]