Kabar Kalimantan

Pasangan Golkar Kaltim Mengerucut, Safaruddin Unggul Jadi Cawagub

SATUMANDAU Pasangan Golkar Kaltim semakin mengerucut, dengan masuknya nama Safaruddin sebagai unggulan menjadi cawagub. Hal ini semakin santer di kalangan perwakilan Golkar Kaltim saat munaslub di Jakarta (18-20/12/2017).

Zainuddin Thaib mengatakan, bahwa sebelumnya ada pertemuan para Ketua DPD Golkar Kabupaten dan Kota seluruh Kaltim dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pada pertemuan itu muncul penegasan bahwa Pelaksana Tugas (Plt) DPD Golkar Kaltim bertugas untuk melaksanakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) secepatnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kutai Barat Zainuddin Thaib menegaskan bahwa DPD II Partai Golkar wilayah Kaltim mendukung penuh figur Makmur HAPK. ”Itu harga mati. Kita solid dukung Pak Makmur di Musdalub,” tegasnya. Lalu bagaimana dengan calon pendampingnya? Menurut Zainudddin, terkait hal tersebut akan melakukan pertemuan dengan para sesepuh, pengurus dan instrumen Partai Golkar Kaltim. Pertemuan ini untuk menentukan siapa yang pantas mendampingi Makmur HAPK. Bukan hanya dari sisi kepantasan, namun juga melihat sisi elektabilitasnya, apakah sosok tersebut mampu mendongkrak suara. Idealnya, sosok pendampint tersebut mampu memikul tanggungjawab untuk fungsi pengendalian dan fungsi pengawasan.

Sosok cawagub tersebut tidak menutup kemungkinan merupakan figur yang tidak melamar sebagai Cawagub Kaltim ke Partai Golkar. Hal ini pun harus dengan perhitungan matang. Sebagaimana diketahui,  Golkar di Kaltim belum pernah kalah pada pemilihan gubernur. Sudah barang tentu Partai Golkar tidak ingin menjadikan ajang Pilgub Kaltim 2018 menjadi ajang kekalahan pertama.

 

 

Menurut rencana, pada ajang Musdalub Golkar Kaltim nanti, Makmur HAPK akan ditetapkan sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kaltim sekaligus bakal Cagub Kaltim. Sementara untuk sosok pendampingnya (calon wakil gubernur), DPD II Golkar Kabupaten/Kota juga akan menentukan siapa figur yang pantas dan bisa mendongkrak suara.

Menurut penuturan Zainuddin Thaib, ada 9 figur yang sudah pernah mendaftar sebagai bakal cawagub Kaltim. Namun, tidak menutup kemungkinan calon selain dari Sembilan figure tersebut untuk jadi pertimbangan. Selama elektabilitasnya dianggap bagus, seperti Pak Kapolda Kaltim Safaruddin. Nama lainnya seperti Yusran Aspar, juga tidak menutup kemungkinan sebagai calon pendamping. [ ### ]