Kabar Kalimantan

Pancasila Adalah Pemersatu! Tegas Zulfadhli, Legislator Golkar

 

Satumandau – Pada hari Rabu (15/11/17), Badan Sosialisasi MPR RI bekerja sama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Pontianak menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR. Kegiatan ini bertempat di Gedung PGRI Kota Pontianak.

Lagu Indonesia Raya membahana di seluruh penjuru ruangan menandai bahwa kegiatan dimulai dan dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila. Acara kenegaraan Sosialisasi Empat Pilar MPR ini dihadiri Ketua PGRI Kota Pontianak, Abdul Wahid beserta jajaran serta ratusan guru SD, SMP, SMA dan SMK se-Kota Pontianak.

Anggota MPR RI, Ir H Zulfadhli, MM dalam pemaparannya menyatakan, pada zaman Orde Baru, Sosialisasi Empat Pilar ini bernama Penataran Penghayatan dan Pedoman Pancasila (P-4).

Sebelum masa reformasi, untuk masuk universitas syaratnya harus lulus P-4 pola 100 jam. Jika dihitung, program tersebut memakan waktu dua minggu. Habis penataran dievaluasi dan kalau tidak lulus harus mengulang lagi. Namun di era reformasi terjadi perubahan, BP-7 dibubarkan dan tak ada lagi P-4.

Zulfadhli, wakil rakyat asal Dapil Provinsi Kalbar ini lalu menceritakan sejarah lahirnya Pancasila. Dimulai dari pidato Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945 di depan sidang BPUPKI yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Untuk menyusun dan menyempurnakan konsep Pancasila 1 Juni itu, BPUPKI lalu membentuk Panitia Sembilan, yang kemudian melahirkan Piagam Jakarta. Konsep Pancasila hasil rumusan Panitia Sembilan yang diketuai Bung Karno dengan anggota 27 orang itu kemudian dibahas dalam sidang PPKI.

Legislator Partai Golkar ini menegaskan, Pancasila seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 itu tidak bisa diutak-atik lagi. Apalagi ketika terjadi amandemen UUD 1945 pada 1999 hingga 2002, telah disepakati tidak akan mengubah Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan NKRI sebagai bentuk negara.

Sementara itu, kegiatan tersebut tidak hanya sebatas sosialisasi semata, melainkan dikembangkan menjadi diskusi tanya jawab seputar empat pilar MPR. Bahkan, para peserta dipersilahkan untuk menyampaikan cara pandang, gagasan hingga pemikiran ihwal empat pilar MPR. [ ]