Kilas Global

Pahlevi Pangerang Wakili Indonesia dan Generasi Muda Kaltim di Asian Youth Council Exco Meeting

SATUMANDAU – Organisasi kepemudaan Asia, Asian Youth Council kembali mengadakan pertemuan. Kali ini, pertemuan diadakan di Kamboja, tepatnya di Siam Reap City, pada tanggal 12-14 April 2018. Asia Youth Council (AYC) atau Dewan Pemuda Asia rutin mengadakan pertemuan untuk menggali  berbagai informasi, masalah solusi serta inovasi yang melingkupi generasi muda di bergabagi negara di Asia.

Asian Youth Council (AYC) adalah Organisasi non Pemerintah. Maksud dari non pemerintah disini adalah tidak menggantungkan sumber dana kegiatan dari pemerintah. Di Indonesia lebih dikenal dengan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). AYC sebagai organisasi kepemudaan di level regional Asia dibentuk pada 14 Agustus 1972 untuk mempromosikan solidaritas dan semangat kekeluargaan diantara generasi muda di Asia. Disamping itu, AYC juga didirikan untuk memperkuat organisasi kepemudaan di level regional.

Keanggotaan organisasi Asian Youth Council terdiri berbagai organisasi kepemudaan di Asia. Pada pertemuan yang diadakan oleh AYC ini, para anggotanya saling bertukar informasi diantara sesama organisasi kepemudaan di negara Asia, dan juga dari organisasi kepemudaan dari regional lainnya, seperti Eropa, Afrika, Australia dan Amerika yang datang sebagai tamu.

Suasana penuh keakraban pada saat makan malam diantara peserta. (Sumber : istimewa)

Presiden Asian Youth Council Hun Mani yang juga merupakan putra Perdana Menteri Kamboja Hun Sen bersama Pahlevi Pangerang sebagai Vice President AYC perwakilan Indonesia menyatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan General Asembly dan Exco Meeting Asian Youth Council ke 15 pada tahun 2019 mendatang.

Pahlevi Pangerang menyatakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah karena kegiatan itu adalah kesempatan buat pemuda dan pemudi Indonesia dalam kontribusinya bagi perkembangan dan kemajuan pemuda di kawasan Asia. Pahlevi Pangerang bahkan mengusulkan tema General Asembly dan Exco Meeting ke 15 di Indonesia adalah Youth Cooperation For The Bright Future.

Muhammad Arif Pahlevi Pangerang menjabat sebagai Vice President of Economic Affairs AYC sejak 2011, saat ditunjuk sebagai Vice President AYC sedang menjabat sebagai Sekjen DPP KNPI selain itu Pahlevi dikenal sebagai penggiat perkoperasian Indonesia berturut turut posisi Pahlevi adalah Ketua Umum INKUD 2014-2015, Ketua PUSKUD Kaltim 2014-sekarang, Ketua Komite DEKOPIN 2014-2019, Ketua Umum Koperasi Umroh dan Haji Indonesia, Wakomptap UMKM dan Koperasi KADIN dan Wasekjen UMKM dan Koperasi DPP Partai Golkar.

Kegiatan Asia Youth Council di Siem Reap ini juga dikicaukan oleh akun Asian Youth Council di twitter, yaitu @ayc_asia serta facebook

Kehadiran Pahlevi Pangerang dalam kegiatan organisasi regional Asian Youth Council, selain membawa nama Indonesia, juga membawa nama Kalimantan Timur. Maklum saja, nama Pahlevi Pangerang berkibar di Kalimantan Timur, khususnya di kalangan generasi muda dan juga kader Partai Golkar. ###