Kabar Kalimantan

Nyimas Artika, Politisi Cantik Golkar Ini Dorong Kualitas Nilai Jual SDA Barsel

Satumandau – Indonesia terkenal luas dengan kekayaan sumber alamnya. Kalimantan sudah lama terkenal dengan potensi Sumber Daya Alamnya, termasuk yang terdapat di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.  Sumber Daya Alam (SDA) yang penuh dengan potensi di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) diharapkan akan bisa menjadi nilai jual bagi masyarakatnya. Hal ini penting untuk dapat meningkatkan kualitas masyarakatnya. Nyimas Artika, anggota DPRD Barsel, Menyampaikan hal tersebut pada Rabu (2/11/2017).

Jika melihat kondisi geografis dan hasil alam di Kabupaten Barsel, Politisi cantik dari Partai Golkar Barsel itu menjelaskan, Kabupaten Barsel membutuhkan pelatihan tepat guna. Pelatihan tepat guna  untuk pembekalan keterampilan yang mampu meningkatkan kesejahteraan warga. Berdasarkan keterangannya, teknologi tepat ini akan sangat berguna, yang merupakan pola pengembangan keterampilan dengan menyesuaikan kondisi lingkungan dan budaya pada suatu wilayah. Wakil rakyat dari daerah pemilihan I Barsel itu lalu memberikan contoh konkret. Ia mencontohkan hasil pangan yang selama ini menjadi konsumsi masyarakat di Barsel. Hasil pangan ini, melalui pelatihan yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan berkelanjutan, dapat dikemas menjadi jajanan dengan harga yang terjangkau di masyarakat.

Sebenarnya, lanjut anggota Fraksi Golkar itu, masih cukup banyak potensi usaha yang belum tersntuh sama sekali di Barsel. Ia menilai bahwa hal tersebut terjadi karena kurangnya kualitas SDM dalam mencari terobosan-terobosan yang bisa dijadikan sumber mata pencaharian guna meningkatkan ekonomi. Kurangnya kualitas membuat kreativitas dalam hal mencari terobosan baru menjadi tumpul. Hal lainnya yang diutarakan Nyimas, pengembangan teknologi itu harus berkelanjutan. Disamping itu, pengembangan teknologi membutuhkan ketelitian dan kejelian dari warga sendiri dalam menargetkan peluang usaha, dan juga dalam melihat potensi usaha baru. Nyimas meyakini, bahwa dengan semakin banyaknya peluang usaha yang tercipta, maka akan semakin besar hal tersebut untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Barsel itu sendiri, tutupnya. [ ]