Politik

Midji-Norsan Gelar Deklarasi Rakyat, Pasangan Usungan Golkar Ini Ajak Masyarakat  

SATUMANDAU Pasangan Cagub dan Cawagub Midji-Norsan akan gelar deklarasi rakyat, pasangan usungan Partai Golkar ini ajak masyarakat untuk menghadiri pergelaran tersebut. Pasangan ini akan menggelar Deklarasi Rakyat Menuju Pilgub Kalbar Untuk Kalbar Berprestasi di gedung Pontianak Convention Center (PCC) pada 8 Januari 2018.

Pasangan Sutarmidji-Ria Norsan akan mendaftar pada hari pertama pembukaan pendaftaran bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar. Menurut jadwal, pasangan ini mendaftar sebagai pasangan pertama pada tanggal 8 Januari 2018 sekitar pukul 10.00 Wib, usai acara Deklarasi Rakyat di Gedung PCC Pontianak.

Syarif Abdullah Alkadrie yang bertanggung jawab sebagai Ketua Panitia acara Deklarasi Rakyat, mengatakan bahwa pada pukul 10.00 Wib, duet Midji-Norsan akan diarak beramai-ramai mendaftar pada hari pertama, pembukaan pendaftaran pasangan dari partai politik ke KPU Kalbar. “Kami beramai-ramai akan mendaftarkan duet pasangan Midji-Norsan ke KPU Kalbar. Silahkan hadir dan datang,” demikian menurut keterangan Syarif Abdullah Alkadrie. ”Deklarasi kami buka untuk umum bagi seluruh rakyat Kalimantan Barat. Silahkan datang dan hadir. Saya mengundang semua. Bisa pakai sepeda motor atau kendaraan lain,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan, panitia memang tak menyiapkan mobilisasi seperti menyediakan kendaraan, atau sarana transportasi lain. “Kami undang secara terbuka. Lewat media sosial, media cetak, lewat parpol pengusung dan pendukung. Silahkan hadir sebelum pukul 08.00 Wib,” ajak Syarif. Dalam acara deklarasi rakyat ini, selain memberikan kata sambutan ada juga beragam acara kesenian dan kebudayaan. Acara akan berlangsung selama dua jam, dan akan dilanjutkan pada pukul 10.00 Wib mendaftar ke KPU Kalbar.

Sutarmidji yang saat ini menjabat Wali kota Pontianak mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk hadir beramai-ramai pada deklarasi tersebut. “Kita sudah cukup dan sudah siap. Inshaa Allah kami akan deklarasi tanggal 8 Januari, setelah itu mendaftar ke KPU. Saya mengajak masyarakat yang mau hadir silakan di PCC. Setelah dari PCC acara deklarasi langsung berjalan kaki menuju kantor KPU di Jalan Subarkah,” demikian ajakan Sutarmidji. “Kita sudah siap untuk deklarasi dan mendaftar, masyarakat boleh seramai-ramainya datang di deklarasi nanti, kita memang tidak mengundang khusus tapi kita mengajak masyarakat untuk hadir bersama,” demikian lanjut Sutarmidji.

Sebagaimana diketahui, pasangan Midji-Norsan telah memiliki total 16 kursi dari syarat minimal 13 kursi atau syarat minimal 20 persen kursi dari yang disyaratkan undang-undang pada PKPU. Pasangan koalisi Partai Golkar bersama Partai Nasdem dan PKS terlihat cukup solid. Berdasakan perhitungan, Partai Golkar memiliki 9 kursi, Nasdem memiliki 5 kursi dan PKS ada 2 kursi. Secara total, terhitung 16 kursi. Ketiga parpol ini juga sudah resmi memberikan tanda tangan dukungan dari ketua umum dan sekretaris jendral masing-masing partai pengusung.

Sutarmidji menjelaskan bahwa dirinya dan Ria Norsan telah memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri ke KPU nantinya, hingga saat ini telah 3 (tiga) partai yang memberikan SK B1-KWK tentang persetujuan pasangan Cagub dan Cawagub Kalbar. “Saya dan Pak Norsan untuk SK yang format B1-KWK untuk pendaftaran di KPU sudah ada dan ditandatangani oleh Ketum Golkar Pak Airlangga Hartarto dan Sekjen Pak Idrus Marham,” jelasnya.

Sutarmidji pun menambahkan untuk terus membuka koalisi dengan partai yang ingin bergabung. “Nasdem juga sudah ada format B1-KWK, PKS juga sudah, hanya penyerahannya tanggal 4 Januari di Jakarta. Saat ini saya masih menunggu PKB,” tambahnya. Sutarmidji tak menutup kemungkinan partai lain yang belum memiliki calon untuk bergabung. Tercatat, setidaknya ada 4 partai politik belum menyatakan dukungan. ”Silahkan partai lain ikut merapat dan bergabung ke Midji-Norsan. Mari bersama-sama kita menangkan,” demikian ajak Sutarmidji.  [ ### ]