Sepakbola

Menang Telak 4-2 Atas Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018

SATUMANDAU – Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia setelah di babak final di Moskow, Minggu (15/07) malam menundukkan Kroasia 4-2.

Bagi Prancis ini adalah gelar juara yang kedua di ajang turnamen akbar Piala Dunia. Mereka pertama kali merebut gelar ini pada 1998 di kandang sendiri.

Prancis

Tim muda Prancis dengan kekuatan merata di semua lini, layak menjadi juara Piala Dunia 2018, kata para analis sepak bola. (REUTERS)

Sebelum laga final digelar, tim Prancis mengatakan bertekad untuk menghapus luka dua tahun lalu, ketika mereka dikalahkan Portugal di babak final Piala Eropa.

Kroasia, yang pertama kalinya masuk ke final Piala Dunia, tak berdaya menghadapi tim muda Prancis yang setidaknya satu kelas di atas mereka.

Emmanuel Macron

Luapan kegembiraan Presiden Prancis Emmanuel Macron. (EPA)

Permainan Prancis lebih rapi dan serangan-serangan yang mereka bangun, baik dari bawah maupun melalui serangan balik, jauh lebih tajam.

Prancis

Para pemain Prancis merayakan gol Mbappe, gol keempat bagi mereka di laga final Piala Dunia melawan Kroasia. (EPA)

Prancis terlebih dulu mencetak gol melalui gol bunuh diri Mario Mandzukic di menit ke-19. Gol ini berawal dari tendangan bebas pemain Prancis Antoine Griezmann yang disundul Mandzukic ke gawang sendiri.

Kroasia menyamakan kedudukan melalui Ivan Perisic di menit ke-28 yang memanfaatkan kemelut di depan gawang kiper Prancis, Hugo Lloris. Tendangan kerasnya melesak menggoyang jala gawang Lloris.

Mandzukic

Gol Mandzukic membuat Kroasia memperkecil ketertinggalan menjadi 4-2. (REUTERS)

Prancis kembali unggul, kali ini melalui tendangan penalti Griezmann di menit ke-38 menyusul hand ball pemain Kroasia saat Prancis melakukan tendangan sudut.

Dengan kaki kiri Griezmann mengecoh kiper Kroasia sekaligus mengubah papan skor menjadi 2-1 untuk Prancis.

Mbappe

Mbappe menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol di final Piala Dunia. (REUTERS)

Prancis menambah keunggulan masing-masing melalui Paul Pogba di menit ke-59 dan bintang muda mereka, Kylian Mbappe di menit ke-65.

Pada usia 19 tahun, Mbappe adalah pemain termuda kedua yang mencetak gol di babak final Piala Dunia.

Prancis

Prancis untuk kedua kalinya menjuarai Piala Dunia. Yang pertama mereka raih pada 1998. (GETTY IMAGES)

Dan ketika Prancis seakan sudah juara, Kroasia mencetak gol, melalui Mandzukic di menit ke-69.

Ia menghadang bola dari Lloris dan menembakkannya ke gawang Prancis. Blunder yang membuat babak final Piala Dunia menjadi lebih seru.

Kroasia beberapa kali mencoba bangkit, namun malam ini bukan bagi mereka untuk mencatat sejarah.

Meski demikian, mereka boleh berbangga.

Turun bukan sebagai bukan tim unggulan, Kroasia meraih nilai sempurna sembilan di babak penyisihan grup dengan mengalahkan Nigeria, Islandia dan Argentina.

Modric dan Mbappe

Modric terpilih sebagai pemain terbaik sementara Mbappe dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2018. (GETTY IMAGES)

Lionel Messi dan kawan-kawan dibuat tak berdaya dan mereka harus mengakui keunggulan Kroasia 3-0.

Di babak 16 besar, Kroasia menang 3-2 dalam adu penalti melawan Denmark, setelah hingga babak perpanjangan waktu berakhir kedua tim bermain imbang 1-1.

Di perempat final, lagi-lagi Kroasia harus melakukan adu penalti, kali ini melawan tuan rumah Rusia, dan mereka menang 4-3.

Di semifinal Krosia, yang tak diunggulkan para pengamat menyingkirkan tim muda Inggris 2-1.

Staminan dan semangat tak gampang menyerah ditambah dengan pengalaman membuat tim Kroasia bisa berlaga di laga puncak.

Tak mengherankan jika jenderal lapangan tengah mereka, Luka Modric ditetapkan sebagai pemain terbaik di turnamen Piala Dunia ini.

sumber berita