Kabar Kalimantan

Memang Bikin Bangga! Kaltara 10 Besar Indeks Demokrasi Indonesia

SATUMANDAU Selamat Kalimantan Utara! Kamu memang bikin bangga! Kaltara masuk 10 besar Indeks Demokrasi Indonesia (IDI). Penghargaan ini diserahkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

Kaltara sebagai provinsi termuda di Indonesia, namun sudah mencetak prestasi. Keberhasilan Kaltara masuk 10 besar IDI karena dinilai sebagai provinsi yang mencapai nilai indeks terbaik  dalam penilaian kebebasan sipil. Dengan penghargaan ini, harapannya Kaltara tetap menjaga dan memelihara, serta selalu berusaha untuk lebih meningkatkan pencapaiannya di tahun-tahun mendatang.

Penghargaan ini merupakan pencapaian keberhasilan pembangunan di Kaltara. IDI juga merupakan indikator kemajuan demokrasi yang bersifat universal dan global. Semua pihak terlibat atas pencapaian ini, sebagai hasil kerja keras, soliditas, kekompakan, kebersamaan dan kesungguhan pengabdian seluruh jajaran pemerintahan, TNI/Polri dan masyarakat Kaltara.

Kesadaran dan partisipasi politik merupakan salah satu aspek penting dari demokrasi. Setiap keputusan politik atau kebijakan pemerintah yang dibuat dan dilaksanakan oleh pemerintah, menurutnya, akan sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Selain Kaltara, provinsi lainnya yang meraih penghargaan tersebut, ada Sulawesi Utara (Sulut), Sumatera Selatan (Sumsel), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bangka Belitung (Babel), Bali, Maluku, Maluku Utara (Malut), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Bengkulu.

Proses penilaian dan evaluasi IDI dilakukan sejak Januari hingga Desember 2017 oleh Tim Terpadu dan Independen yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Kemanan (Kemenko Polhukam) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Badan Pusat Statistik (BPS), para pakar atau ahli, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan akademisi. Jadi, sekali lagi, selamat untuk Kaltara. Kamu memang bikin bangga!

[ ### ]