Nusantara

Melalui ‘Millennials Nationalism’, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Rangkul Generasi Milenial

SATUMANDAU Organisasi massa Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) akan kembali menggelar kegiatan gerakan Millennials Nationalism untuk kedua kalinya. Sebelumnya pada November 2017 lalu, AMPI telah melaksanakan kegiatan serupa bersama Mabes TNI Angkatan Darat. Ketua Umum DPP AMPI sekaligus inisiator Millennials Nationalism, Dito Ariotedjo mengatakan, kegiatan ini akan merangkul beberapa instansi pemerintah serta komunitas muda dari berbagai macam bidang.

Adapun tema yang akan diusung yakni‎ ‘Anak Muda Menyambut Indonesia 4.0’. Gerakan ini mengajak generasi muda untuk menuangkan gagasan dan pandangan mereka mengenai visi Negara Kesejahteraan 2045 dalam bentuk video pendek , karya tulis , dan aplikasi digital. “Karya-karya ini nanti dikumpulkan menjadi manifestasi dari optimisme serta harapan mereka semua untuk Indonesia di masa depan,” kata Dito, Kamis, (5/4/2018).

Dito yang juga merupakan Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Politik‎ mengatakan gerakan kali ini bertujuan merangkul masyarakat terutama para generasi muda dalam membangun serta memperkuat harapan, keyakinan dan optimisme untuk masa depan Indonesia.

Melalui gerakan ini, ia berharap anak muda menjawab isu-isu negatif serta tren pesimistis dari sebagian kecil kalangan di negeri ini, dengan cara yang lebih positif. “Sekarang, anak muda lebih membutuhkan didorong optimisme untuk menstimulasi kreatifitas yang berbasis problem-solving dari mereka, bukan malah dengan negatifitas yang akan melemahkan kecenderungan positif,” katanya.

“Mereka-mereka ini yang nanti akan memimpin di depan, dan saya pikir, dengan menginspirasi mereka melalui optimisme dan hal positif adalah salah satu jalan terbaik dalam membangun pemuda dan Indonesia.” lanjut Dito. Ia menegaskan bahwa cara penyampaian aspirasi dan visi seperti ini adalah salah satu cara yang relevan untuk menyerap aspirasi dan tantangan kebangsaan secara langsung dari masyarakat, untuk kemudian dijawab bersama dengan solusi.

Kata dia, ini semua senafas dengan semangat pemerintahan Presiden Joko Widodo#MenujuIndonesiaMaju serta konsep negara ke depan yang tertuang dalam Visi Negara Kesejahteraan 2045. “Intinya, kita semua sebagai mitra pemerintah tidak bisa lagi menutup mata bahwa anak muda adalah harapan. Mengacu kepada Visi Negara Kesejahteraan 2045 – cara pandang, ide dan pemikiran kita yang sekarang, adalah pilar-pilar untuk membangun masa depan, Indonesia dan Dunia.” pungkasnya.

 

sumber berita