Nusantara

Marvelo Edgar Xavier Rebut Medali Perak, Airlangga Beri Apresiasi Tinggi

SATUMANDAU – PB Wushu Indonesia (PB WI) tetap mengapresiasi capaian medali perak nomor changquang putra yang direbut oleh Marvelo Edgar Xavier. Induk organisasi ini melalui Ketua Umum Airlangga Hartarto mengatakan tetap merasa puas dengan prestasi yang dicapai sang atlet.

“Saya ucapkan Alhamdulillah karena perak yang direbut Edgar adalah medali pertama bagi kontingen Indonesia. Saya yakin perolehan medali wushu masih akan terus bertambah,” kata Airlangga di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Tak pelak, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar ini merasa sangat bangga atas semangat yang diperlihatkan para atletnya dalam perhelatan pesta olahraga terbesar Asia itu. Terlebih, imbuh Airlangga, para atlet itu turun dengan tanpa terbebani target prestasi tertinggi.

Terkait dengan bonus, Menteri Perindustrian ini juga menjelaskan bahwa janji bonus mobil yang disampaikan beberapa waktu lalu untuk peraih medali emas. “Kami siapkan hadiah mobil untuk peraih medali emas, untuk perak akan kami carikan,” ujarnya.

Atlet wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo menyumbangkan medali perak bagi Indonesia di nomor final Changquan putra.

Dalam nomor tersebut Edgar memperoleh poin 9.72, kalah tipis dengan atlet wushu asal negeri tirai bambu Peiyuan Sun yang memperoleh skor 9.75.

Peluang Indonesia untuk menambah medali emas dari cabang ini masih relative terbuka. Kans itu ada dari nomor Taijiquan dan Taijijian All Round putri melalui pewushu andalan Lindswell. Usai mengikuti babak penyisihan, skor yang dimiliki atlet Sumatera Utara itu masih yang tertinggi diantara peserta lain. “Masih ada hari esok. Hari ini baru menyelesaikan babak penyisihan. Semua lawan berat, teruatama pewushu dari Hongkong, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalaam, dan juga Jepang. Mereka bagus-bagus,” ujar Lindswell dengan napas tersengal-sengal usai bertanding.

Ketika disinggung peluangnya besok, Senin (20/8/2018), bertanding di final, ia hanya menjawab kita lihat besok ya, dengan nada optimis. “Tadi saya bertanding dengan sedikit grogi dan agak nervous. Besok mudah-mudahan lebih bagus lagi,” harap peraih medali emas Asian Games 2014 Incheon ini.

sumber berita