Politik

Makmur HAPK dan Mahyunadi, Dua Kandidat Kuat Ketua DPD I Golkar Kaltim

SATUMANDAU – Kursi ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ditengarai akan diperebutkan oleh dua kandidat kuat, yaitu Makmur HAPK dan Mahyunadi. Sebelumnya, DPD I Partai Golkar Provinsi Kaltim menggelar Rapat Pleno di Balikpapan pada Selasa (6/3/2018), dan menelurkan hasil keputusan berupa pelaksanaan agenda Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) sebelum pelaksanaan pencoblosan Pilgub Kaltim.

Sebelumnya, di antara peserta rapat pun telah memberikan argumennya tentang waktu penetapan pelaksanaan Musdalub tersebut, seperti diutarakan oleh Hetifah Sjaifudian, Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) yang juga hadir dalam rapat tersebut. Namun, akhirnya disepakati bahwa pelaksanaan Musdalub akan berlangsung sebelum pelaksanaan pencoblosan Pilgub Kaltim, dengan perkiraan waktu pada pertengahan April 2018 mendatang.

Tempat pelaksanaan Musdalub tersebut untuk sementara ditetapkan di Balikpapan dengan agenda utama memilih sosok yang akan menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim periode 2018-2023. Sebagaimana diketahui, sebelumnya posisi tersebut diduduki oleh Rita Widyasari. Namun, Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar memberhentikan Rita Widyasari yang sedang memiliki kasus hukum dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kemudian Andi sofyan Hasdam ditunjuk sebagai Pejabat Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Kaltim. Belakangan, Andi Sofyan Hasdam meletakkan posisi tersebut karena ingin berkonsentrasi memenangkan Pilgub Kaltim. Selanjutnya, DPP Golkar menunjuk Muchtarudin sebagai Pejabat Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Kaltim, dengan tugas utama mempersiapkan pelaksanaan agenda Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub), untuk memilih kandidat terbaik sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Tempat dan waktu pelaksanaan masih menunggu persetujuan dari DPP Partai Golkar, karena masih menyesuaikan dengan ketersediaan waktu dari Ketua Umum Airlangga Hartarto, yang menurut rencana juga akan hadir pada acara Musdalub tersebut. Maklum saja, karena kesibukan beliau tidak hanya sebagai Ketua Umum DPP PArtai Golkar, namun juga sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK. [ ### ]