Kabar Kalimantan

LPJK Kaltim Bersiap Bangun Ibu Kota Negara

SATUMANDAUWacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke daerah di Kalimantan mulai bergerak menjadi kenyataan. Persiapan-persiapan terus dilakukan walau pemerintah masih belum memberikan kejelasan tempat yang akan menjadi ibu kota baru.

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Kalimantan Timur pun terus bersiap menyambut pemindahan ibu kota negara ini. Beberapa persiapan tengah dilakukan, mulai dari tenaga konstruksi serta pengadaan kontraktor

Heru Cahyono, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Kalimantan Timur, mengungkapkan persiapannya dari sisi SDM (sumber daya manusia), Senin (22/7/2019). “Kami sebagai orang di sana dari sumber daya manusia, karena lebih banyak menggunakannya,” ungkap  Heru.

Lebih jauh, Heru menyebutkan bahwa persiapan itu sebagai tindak lanjut perintah yang telah diterima dari pemerintah pusat. Menurutnya, LPJK diminta untuk menyiapkan tenaga kerja dan kontraktor. Hal tersebut mengingat lokasi calon ibu kota baru yang terletak di pulau Kalimantan.

Tidak tanggung-tanggung, LPJK akan menyiapkan 6.000 badan usaha atau kontraktor. Pembangunan dalam rangka pemindahan ibu kota memang membutuhkan berbagai macam sektor industri, mulai dari kontraktor konstruksi, elektrikal, penataan kota dan lainnya. Bangunan yang dibutuhkan pun sangat banyak, mulai dari gedung administrasi, gedung kementerian, sarana kesehatan, dan lainnya.

Tenaga konstruksi pun dipersiapkan dengan jumlah sebanyak 12.000 orang. LPJK tenaga kerja lokal yang siap pakai dengan sertifikat tenaga konstruksi sesuai kebutuhan. (SM)

Join The Discussion