Jalan-Jalan Yuk!

Lewat Jepretan Kamera, Kalteng Promosi Destinasi Wisata

SATUMANDAU – Kualitas karya fotografi sangat menentukan keberhasilan promosi destinasi pariwisata suatu daerah. Semakin baik dan populer jepretan kameranya, semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Menurut Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B. Aden, hal inilah yang jadi alasan diadakannya Lomba Foto Pesona Budaya Kalimantan Tengah dalam rangka perayaan HUT ke-61 provinsi yang juga dikenal dengan nama Bumi Tambun Bungai tersebut.

“Selain tujuan promosi wisata, lomba ini juga bertujuan menjadi wadah ujian kreatifitas anak-anak muda memasuki industri kreatif digital di Kalimantan Tengah,” jelas Herson seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (21/5/2018).

Sementara itu, Darwis Triadi, fotografer ternama Indonesia didapuk sebagai juri utama dalam lomba yang diikuti 60 fotografer, bukan saja dari Kalimantan Tengah tapi juga dari beberapa kota di Kalimantan seperti Banjarmasin, Balikpapan, bahkan Jakarta.

“Lomba seperti ini sangat penting dalam promosi budaya dan pariwisata, dan yang paling tau tentang budaya dan pariwisata suatu daerah ya fotografer yang ada di daerah, saya harap aktivitas fotografi seperti ini terus berjalan” kata Darwis.

Saat ini, Darwis telah menyeleksi lebih dari seratus foto peserta dalam lomba on the spot yang mengambil latar pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang, 2-7 Mei 2018 di Kuala Kapuas, sebuah perlombaan budaya dan karnaval yang sudah menjadi agenda rutin tahunan dalam perayaan HUT Kalimantan Tengah dan masuk dalam agenda pariwisata nasional.

Fotografer lokal, Damar Angga mengambil objek pembuatan Lamang, masakan khas dayak, keluar sebagai pemenang pertama, sementara foto dengan objek jukung (perahu) hias, karya Artina dan Epy Wahyudi, keluar sebagai pemenang kedua dan ketiga.

Darwis sebagai senior fotografer yang sudah sering mengadakan workshop fotografi, menyampaikan bahwa foto peserta sudah bagus. Dia berpesan supaya peserta dan para fotografer di daerah jangan berhenti mengasah keterampilannya.

“Semua bagus, jadi yang kami pilih adalah yang terbaik dari yang baik,” ungkapnya. Untuk penyerahan hadiah pemenang, akan dilakukan dalam sebuah seremoni tanggal 23 Mei 2018, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 61 Provinsi Kalimantan Tengah.

 

sumber berita