Kabar Kalimantan

Legislator Golkar Nilai Pembangunan Infrastruktur di Gunung Mas Harus Dapat Perhatian

SATUMANDAU Legislator Partai Golkar DPRD Kabupaten Gunung Mas menilai pembangunan infrastruktur di kabupaten tersebut harus dapat perhatian serius. Tidak hanya pembangunan, namun juga pemerataan pembangunan infrastruktur agar masyarakat luas dapat menikmatinya.

Beberapa waktu lalu, anggota DPRD Gumas dari Dapil I melaksanakan reses di Desa Dahian Tambuk, Kecamatan Mihing Raya. Hasil yang didapat berdasarkan kegiatan reses di  daerah pemilihan (dapil) I, yang mencakup Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Sepang, bahwa pembangunan infrastruktur di Kabupaten Gunung Mas dinilai perlu mendapatkan perhatian serius. Hal lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah terkait pemerataan infrastruktur  juga harus dilakukan di kabupaten tersebut. ”Pembangunan infrastruktur di dapil I ini masih perlu perhatian dan pemerataan sampai ke daerah terpencil, khususnya perbaikan jalan dan pengaspalan,” demikian kata juru bicara dapil I Herbert Y Asin.

Herbert Y Asin mengatakan, bahwa dari reses yang dilakukannya di Desa Petak Bahandang, Kecamatan Kurun, dirinya mendapat beberapa masukan. Masyarakat mengusulkan pemindahan lokasi SD Kurun 1 Petak Bahandang, kemudian pembangunan perumahan guru, pembangunan perpustakaan, dan pembangunan balai desa. ”Di sini masyarakat juga meminta solusi terkait permasalahan plasma dengan PT ATA dan PT BMB yang masih belum terealisasi, dan sengketa lahan milik desa dengan pihak perusahaan sawit,” ujarnya.

Di Desa Dahian Tambuk, Kecamatan Mihing Raya, Herbert Y Asin mengatakan bahwa masyarakat mengusulkan pembangunan ruang kantor guru untuk SMA Purnama dan SMP Satu Atap, perbaikan jalan menuju SMA, pembangunan bak tempat penampungan air bersih, agar ketersediaan air bersih terpenuhi. ”Ada juga masyarakat yang memohon adanya penambahan insentif bagi  mantir desa,” demikian jelas politisi Partai Golkar ini.

Kemudian, pada kunjungan reses berikutnya di Desa Sepang Kota, Kecamatan Sepang, Herbert mengatakan, ada usulan untuk melakukan renovasi gedung serta pembangunan drainase di SDN 1 dan SDN 2 Sepang Kota, pembangunan posyandu bagi lansia, pembangunan jembatan penyeberangan, dan tambahan insentif bagi penyuluh perikanan. ”Dari semua usulan dan saran tersebut, nantinya akan kami tampung serta tindak lanjuti berdasarkan skala prioritas, baik yang merupakan kewajiban Pemkab Gumas maupun Pemprov Kalteng,” jelasnya.

Dari kunjungan reses oleh Herbert Y Asin tersebut, hampir semua masukan dari masyarakat berupa pembangunan infrastruktur. Artinya, kebutuhan infrastruktur cukup tinggi dan harus mendapatkan perhatian serius, terutama dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. [ ### ]