Kabar Kalimantan

Legislator Golkar Minta Optimalkan Potensi Taman Hutan Raya di Gunung Mas

SATUMANDAU Legislator Partai Golkar minta optimalkan potensi Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru Kuala Kurun di Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Herbert Y Asin, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengingatkan kepada Dinas Kehutanan dan Pertanahan (DKP) Gumas agar bersungguh-sungguh dalam menata dan mengelola Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru Kuala Kurun. Demikian hal ini terungkap pada Rabu (27/12/2017).

Legislator Golkar DPRD Kabupaten Gumas mengungkapkan hal tersebut dalam kegiatan menanam pohon di Tahura Lapak Jaru. Herbert mengharapkan kawasan tersebut dapat terus dikelola dengan baik oleh instansi pengelola Taman Hutan Raya Jaru Kuala Kurun. ”Kita tidak ingin objek wisata alam ini menjadi kawasan yang biasa-biasa saja, tetapi harus ada kemajuan yang signifikan dalam pengelolaan kawasan tersebut,” ucap Herbert.

Legislator Partai Golkar yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) I mencakup Kecamatan Kurun, Mihing Raya dan Sepang ini berharap, DKP dapat melakukan pengelolaan flora dan fauna yang ada, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. ”Kekayaan alam tersebut yang harus kita lestarikan. Untuk tahun 2018, kita juga telah mengganggarkan Rp 1 miliar untuk pengelolaan, dan penanaman pohon buah lokal di kawasan tersebut,” ujarnya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) menerangkan bahwa pihak DPRD dan Pemkab Gumas sangat mendukung adanya program penanam pohon buah lokal. ”Sekarang ini kan keberadaan buah lokal sudah mulai langka. Untuk itu, perlu dilakukan penanaman di kawasan tahuea ini,” terangnya. Penanaman buah lokal Ini juga dilakukan untuk memperkaya keberagaman flora di kawasan Tahura Lapak Jaru tersebut. ”Semua yang sudah ditanam di kawasan Tahura Lapak Jaru ini, kita harapkan dapat tumbuh hingga generasi seterusnya,” Herbert menambahkan.

Sebagai satu-satunyaTaman Hutan Raya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Tahura Lapak Jaru memiliki kekayaan alam dan hayati yang wajib dijaga kelestariannya, sehingga nantinya bisa memberi nilai ekonomis bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gumas. Oleh sebab itu, memang sudah seharusnya pemkab Gumas dan instansi terkait lebih serius untuk mengoptimalkan potensi pengelolaan Taman Hutan Rakyat Lapak Jaru Kuala Kurun. [ ### ]