Kabar Kalimantan

Legislator Golkar Kaltim Soroti Minimnya Kehadiran Pemda di Pedesaan

SATUMANDAU Ketika masa reses dan mendatangi daerah konstituennya, Anggota DPRD Kaltim menemukan banyak fakta menyedihkan. Legislator Golkar Kaltim ini soroti minimnya kehadiran Pemda di pedesaan.

Anggota DPRD Kaltim Rita Artaty Barito menemukan banyak fakta tersebut saat menyapa masyarakat pada reses masa sidang ke 3 tahun 2017 di, Kab. Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Mahulu. Pada saat kunjungan tersebut, Rita banyak menemukan persoalan mendasar terkait pelayanan masyarakat.  Disamping itu juga banyaknya keluhan terkait infrastruktur.

Rita lalu mencontohkan, di Desa Segihan, Kecamatan Sebulu, Kukar. Akses jalan lingkungan desa tersebut masih sangat memprihatinkan. Politisi Partai Golkar Kaltim ini menyoroti kondisi tersebut akibat minimnya perhatian dari Pemkab Kukar maupun provinsi.

Menurutnya,  peran pemerintah daerah (pemda) dalam mengayomi masyarakat secara umum masih dianggap minim. Disamping itu pelayanan publik juga masih kurang, hadirnya pemda ditengah- tengah masyarakat masih dinilai minim oleh DPRD Kaltim. Hal ini dirasakan oleh Anggota DPRD Kaltim, Rita Artaty Barito beberapa waktu lalu.

Rita Artaty Barito mengatakan bahwa selama ini perhatian pemerintah lebih kepada daerah perkotaan saja. Menurutnya, hal ini harus diubah. Dia berharap, pemda juga turut memperhatikan masyarakat pedesaan. Karena bila terjadi seperti itu artinya pembangunan yang berjalan selama ini tidak adil.

Berdasarkan informasi yang didapatnya dari masyarakat selama reses di Kukar, masyarakat banyak mengeluhkan kondisi mereka ke pemerintah setempat. Namun, sejauh ini tetap tidak ada tanggapan dari pemerintah. Bila diibaratkan, warga di pedesaan itu seperti anak tiri. Sangat memprihatinkan karena minimnya perhatian terhadap mereka. Hal ini yang harus dievaluasi oleh pemerintah.

Politisi Partai Golkar mengusulkan, agar instansi terkait dapat turun tangan langsung. Sehingga dapat merasakan sendiri apa yang dirasakan oleh masyarakat. Rita pun berjanji akan terus mendorong dan mengawasi penyelenggaran pemerintah melalui program-programnya. Apalagi, ia sudah merasakan dan mendengar sendiri keluhan masyarakat.

[ ### ]