Kabar Kalimantan

Legislator Golkar Kalsel Ungkap Potensi Kelautan Desa Tabunganen

SATUMANDAU Kegiatan reses yang dilakukan oleh legislator Golkar Kalsel mengungkapkan potensi kelautan di daerah yang dikunjunginya. Kegiatan reses di Desa Tabunganen oleh anggota DPRD Kalsel DR H Karlie Hanafi Kalianda SH MH ini didampingi oleh Kepala Desa Tabunganen Firdaus dan Camat setempat.

Menurut legislator Golkar ini, potensi kelautan di Desa Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala (Batola), merupakan Sumber Daya Alam (SDA) yang berpotensi besar untuk dapat mengangkat Pendapatan Asli Daerah (PAD). Potensi tersebut diungkapkan oleh Anggota DPRD Kalsel, DR H Karlie Hanafi Kalianda setelah menggelar reses, pada Selasa (27/2/2018).

Menurut politisi Partai Golkar Kalsel ini, potensi desa tersebut tidak hanya ada pada lahan pertanian tetapi juga dari hasil laut. Mengingat, mata pencaharian warga Desa Tabunganen sebagian besar adalah nelayan, disamping menjadi petani tambak (empang) atau budidaya ikan. “Baik itu menjadi petani tambak ikan Bandeng atau menangkap Udang dan Kepiting,” demikian Karlie Hanafi Mengungkapkan potensi yang dijumpainya.

Kelebihan yang dimiliki Desa Tabunganen, yaitu bisa menghasilkan ikan segar, terutama udang dan kepiting hingga beberapa ton, dan hal tersebut dapat dikembangkan. “Kalau ini dikembangkan dan membuka pemasaran baru bisa menambah penghasilan,” ucapnya, di sela-sela kegiatan reses di daerah pemilihannya itu. Walaupun memiliki potensi, saat ini usaha menangkap kepiting dan udang terbentur dengan kebijakan. Sebab, hutan mangrove yang menjadi lokasi atau areal penangkapan udang dan kepiting itu masuk dalam kawasan konservasi.

Karlie akan melihat kemungkinan menyesuaikan tata ruang yang ada agar dapat menampung aspirasi warga Desa Tabunganen tersebut. “Dari aspirasi itu, diupayakan mengubah tata ruang kawasan hutan Mangrove tidak masuk lahan konservasi,” demikian jelas Karlie. Namun, sebelum hal tersebut dapat dilakukan, dirinya memiliki rencana melakukan pertemuan dengan instansi dan dinas terkait, baik itu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel maupun pihaj kementerian terkait.

Karlie Hanafi Kalianda juga meminta, potensi kelautan Desa Tabunganen itu menjadi perhatian dan dikembangkan pemerintah setempat. Sementara itu, Camat Tabunganen Dahtiar Fajar berterima kasih sudah mendapat kunjungan reses dari wakil rakyat Kalsel. “Mudahan silaturrahmi atau reses ini terus berlanjut, kemudian apa yang menjadi aspirasi warga bisa terwujud,” tandasnya.

Kepala Desa Tabunganen Firdaus menyampaikan tanggapannya, agar sarana dan prasara desanya diperhatikan baik itu jalan dan jembatan. Dalam rangka memberikan dukungan untuk mengembangkan potensi perikanan di desa Tabunganen, ia berharap ada bantuan dari pemerintah. “Misal membantu pemasaran, perahu mesin, bibit ikan dan atau bantuan modal usaha,” sebutnya.  [ @@@/TL]