Kabar Kalimantan

Kunjungi Kaltim Bahas Optimalisasi PNBP, Legislator Golkar Ingatkan Pentingnya Hubungan UPT Kementerian dan Daerah

SATUMANDAU – Kunjungan Spesifik Komisi XI DP RI di Provinsi Kalimantan Timur, Jumat 20 juli 2018 dipimpin wakil ketua M Prakosa. Membahas perihal PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Dalam pertemuan tersebut, hadir segenap jajaran pemerintahan Provinsi Kaltim dengan kepala dinas, para pelaku usaha di bidang pertambangan, kehutahan, Kelautan dan perwakilan dari Kementerian keuangan yang diwakili kanwil pajak dan para pejabat pusat Kemenkeu jakarta.

Pada kesempatan tersebut, semua pihak diberi kesempatan berbicara. Kunjungan ini menyepakati perlunya tindak lanjut pembahasan dengan Menteri Keuangan sebagai wakil pemerintah yg membidangi PNBP untuk lebih mengoptimalkan penerimaan negara dari PNBP.

Optimalisasi tersebut dengan menyempurnakan berbagai PP (Peraturan Pemerintah) dan pengawasan pelaksanaannya, mengingat didapatkannya temuan terjadinya “miss-link” dan “potential lost”antar sektor, seperti sektor kehutanan dan Pertambangan.

Legislator Partai Golkar Agun Gunanjar mengingatkan perlu diatur kembali hubungan dan wewenang kerja UPT kementerian dengan Dinas Daerah agar penerimaan PNBP ini memberi manfaat yang lebih bagi masyarakat di daerah.

Tim Liputan