Nusantara

KPU Tetapkan 2.206 Daerah Pemilihan di Kabupaten/Kota

SATUMANDAU Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 2.206 daerah pemilihan (dapil) tingkat kabupaten/kota pada Pemilu 2019. Pada Pemilu 2014 hanya ada 2.102 dapil atau terjadi penambahan 104 dapil. Hal tersebut disampaikan komisioner KPU Ilham Saputra pada acara Penyampaian Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2019 dan Sosialisasi Rancangan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (18/4).

Peningkatan jumlah dapil tersebut, kata Ilham, diikuti dengan peningkatan jumlah alokasi kursi DPRD tingkat kabupaten/kota. Pada Pemilu 2014 terdapat 16.895 kursi DPRD kabupaten/kota dan pada Pemilu 2019 menjadi 17.610 kursi. “Jumlah dapil dan alokasi kursi ini meningkat karena ada penambahan 17 DOB (daerah otonomi baru, Red) dan jumlah penduduk,” katanya.

Ke-17 DOB tersebut adalah Penukal Abab Lematang Ilir (Sumsel), Musi Rawas Utara (Sumsel), Pesisir Barat (Lampung), Pangandaraan (Jawa Barat), Malaka (NTT), Mahakam Ulu (Kaltim), Banggai Laut (Sulteng), Morowali Utara (Sulteng), Konawe Kepulauan (Sulawesi Tenggara), Muna Barat (Sulawesi Tenggara), Buton Tengah (Sulawesi Tenggara), Buton Selatan (Sulawesi Tenggara), Kolaka Timur (Sulawesi Tenggara), Mamuju Tengah (Sulawesi Barat), Pulau Taliabu (Maluku Utara), Monokwari Selatan (Papua Barat) dan Pegunungan Arfak (Papua Barat).

 

 

sumber berita